Yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Menurut Adab Islam

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Nikah Tidak Boleh Dilupakan 

Bagi Anda para pasangan yang sedang merencanakan pernikahan, Anda perlu mengingat bahwa menikah tidak hanya untuk hitungan hari, bulan, maupun tahun saja. Tetapi menikah dijalankan hingga akhir hayat. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum akad nikah berlangsung sebagai persiapan untuk pernikahan yang matang. Tidak hanya persiapan untuk acara pernikahannya, tetapi juga untuk kehidupan setelah menikah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda jadikan acuan dan motivasi dalam mempersiapkan pernikahan menurut adab Islam.

Memahami Ilmu Pernikahan Sesuai Adab Islam

Jika Anda dapat memahami ilmu agama secara luas, hal ini memungkinkan Anda terampil dalam mempersiapkan segala kebutuhan untuk menikah yang sesuai dengan syariat Islam. Jika Anda sudah berbekal ilmu ini, rencana dalam mempersiapkan pernikahan baik pra, pasca, maupun saat acaranya akan membawa Anda pada terwujudnya pernikahan yang Saqinah, Mawaddah, dan wa Rohmah. Untuk memahami adab Islam, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama agar terbiasa. Jadi mulailah dari saat ini, agar pada waktunya Anda sudah siap.

  • Memahami aqidah yang lurus merupakan hal yang penting untuk dipahami, karena dalam aqidah masyarakat selama ini (menjelang hari pernikahan) masih salah. Bisa dilihat dari masih adanya kepercayaan bahwa pernikahan harus dilakukan pada tanggal sesuai ramalan, dan memakai pawang hujan. Oleh sebab itu, Anda dan pasangan Anda perlu memahami adab ini.
  • Menghafal Al-Qur’an juga adab Islam yang sangat penting dalam mempersiapkan pernikahan. Memang cukup berat, tetapi ini menjadi sebuah tanda untuk keseriusan Anda dalam melanjutkan kehidupan rumah tangga dan mempunyai kedekatan dengan Allah SWT. Anda bisa memulainya dengan membacanya secara rutin, dan mempelajari cara baca dengan baik dan benar, serta berniat untuk menghafalnya, memahami dan mengamalkannya.
  • Anda juga harus Mujahadah yaitu bersungguh-sungguh dan serius dalam mempersiapkan diri ke pintu pernikahan. Serta bertawakal melalui doa dan usaha secara ikhlas dan maksimal. Sehingga dengan dua pemahaman ini, Allah akan memudahkan rencana dan urusan Anda.

Mempersiapkan Hal-hal Sebelum Pernikahan

Sebelum memutuskan untuk melakukan pernikahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai pertimbangan untuk mengetahui tingkat keseriusan dan kematangan Anda terhadap pernikahan. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan visi-misi dan juga beberapa hal lainnya yang dibutuhkan agar pernikahan tetap terlaksana dengan rapi dan baik.

  • Selain visi-misi, Anda juga harus mempersiapkan Ma’isyah (penghidupan) sebagai hal penting sebelum hari pernikahan. Ini merupakan sebuah tabungan atau simpanan yang sudah disiapkan untuk keperluan baik pra, pasca, atau saat acara pernikahan.
  • Memiliki usaha/pekerjaan yang menghasilkan nafkah halal tentu menjadi hal penting yang harus dipersiapkan. Agar kehidupan Anda dan keluarga akan merasakan banyak manfaat, ridho, dan rahmat dari Allah SWT.
  • Saling berbagi soft skill yang dimiliki bisa dilakukan agar memberikan warna pada kehidupan baru Anda, sehingga tidak datar selama menjalankannya.
  • Membiasakan diri terhadap pekerjaan rumah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa peka terhadap pasangan. Sehingga sikap kepedulian dan keharmonisan dalam rumah tangga tetap terjaga.
  • Wawasan terkait parenting Nabawiy juga dibutuhkan dalam mendidik anak sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi SAW. Sehingga akan menghasilkan akhlak dan adab yang baik bagi keturunan Anda nantinya.

Semoga dengan adanya penjelasan di atas, dapat membantu Anda untuk mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan sebelum akad nikah sesuai dengan adab Islam. Jangan dijadikan sebagai beban, justru Anda harus mencoba semaksimal dan semampu Anda agar kehidupan bisa berjalan secara hikmat.


Posted

in

by

Tags: