Inilah Usia Menikah Yang Ideal Dan Info Seputar Kehamilan

Usia menikah yang ideal pada tiap – tiap Negara di dunia seringkali mengalami perbedaan satu sama lain. Contohnya saja di Indonesia yang kerap kali menjadi sebuah polemik jika membahas hal yang satu ini. Terlebih jika kembali merujuk kepada beragam penelitian bahwasanya jika memakai batasan usia menikah yang telah dilaksanakan oleh orang dulu sangatlah tidak ideal untuk diterapkan di jaman sekarang.

Usia Menikah Menurut BKKBN Dan Psikologi

Jika dilihat dari hal yang sering ditemui di masyarakat bahwasanya usia untuk menikah yaitu ketika umur 19 tahun untuk calon pria dan 16 tahun untuk calon wanita. Jadi tak heran jika di sini menjadi sebuah hal wajar ketika berbicara tentang nikah muda. Jika merujuk kepada data BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) menikah di Indonesia adalah ketika remaja memiliki usia sekitar belasan akhir sampai usia 20an awal.

Untuk BKKBN sendiri telah menetapkan rekomendasi usia untuk menikah pada pria dan wanita yang ideal sebelum mereka memutuskan untuk membuat tabungan rencana menikah yang mana akan digunakan untuk pernikahan mereka sendiri. Dari Pusdu BKKBN sendiri memberikan rekomendasi pada pria yakni ketika ingin menikah minimal sudah masuk usia 25 tahun dan pada wanita minimal telah menginjak usia 21 tahun.

Dari BKKBN sendiri menyebut jika telah memasuki usia yang demikian maka fisik, mental serta kesehatan seseorang telah siap untuk melakukan pernikahan. Mengapa? Karena ketika telah menginjak usia seperti itu mental serta fisik pria dan wanita telah matang untuk berumah tangga, dan juga mental mereka telah stabil hingga melaksanakan bulan madu terbaik sampai usia mereka telah menua.

Jika merujuk kepada sudut pandang psikologi maka anda akan menemukan hasil yang berbeda daripada yang disebutkan BKKBN sebelumnya, salah seorang psikolog lulusan Universitas Indonesia menyebutkan bahwa usia yang ideal untuk pria dan wanita menikah adalah ketika mereka memasuki usia 25 tahun sebelum merasakan kemungkinan hamil pada masa tidak subur.

Karena pasalnya pada usia yang telah memasuki segitu kondisi mental dari kedua pasangan tersebut telah sangat matang dan siap untuk menjalani hubungan dalam jenjang pernikahan. Jadi jika telah memasuki usia yang telah dimaksud potensi untuk terganggunya stabilitas hubungan keluarga hingga berakhir dengan perceraian akan sangatlah minim.

Info Seputar Tentang Kehamilan Setelah Menikah

Jika merujuk pengertian kehamilan menurut WHO maka mengartikan bahwa proses 9 bulan maupun lebih yang mana seorang wanita nantinya akan membawa sebuah embrio dan sebuah janin yang akan mengalami proses pengembangan di dalam rahim miliknya.

Untuk anda yang telah melakukan pernikahan dan sedang untuk berencana hamil untuk pertama kalinya tentu ingin tahu rasanya mengalami kehamilan bagaimana dan ingin tahu cara mengetahui hamil 1 minggu. Banyak sekali orang – orang yang mengatakan jika hamil rasanya seperti ini dan itu, supaya anda tidak kebingungan maka anda harus menyimak informasi dari kami berikut ini.

Tanda Kehamilan

Salah satu yang menjadi tanda umum bahwa anda sedang mengalami kehamilan yaitu ketika anda tidak mengalami menstruasi. Jadi kemungkinan besar jika diperkuat dengan beragam gejala yang bermunculan salah satunya yaitu dengan ciri mual, muntah, dan sangat mudah untuk kelelahan padahal tidak melakukan aktivitas yang cukup berat.

Juga terkadang pada ibu hamil sering terjadi sebuah perubahan kulit yang seringkali dikatakan sebagai pregnancy glow. Jika anda telah mengalami gejala – gejala seperti di atas sebaiknya periksa menggunakan test pack, jika hasilnya positif maka anda telah mengalami kehamilan dan sering – seringlah konsumsi makanan yg baik untuk ibu hamil muda.

Mengetahui Usia Kehamilan

Tak ada metode yang pasti untuk tahu tentang usia kehamilan kandungan setelah melalui jenjang pernikahan pada usia menikah yang ideal. Karena pada dasarnya tidak ada yang mengetahui tentang kapan hari pertama kandungan itu pertama kali muncul. Namun seringkali dokter menggunakan hari pertama kali anda menstruasi untuk menentukan usia kehamilan.

Tanggal itu juga yang nantinya akan memberikan sebuah prediksi tentang tanggal kamu akan melahirkan buah hati anda tersebut. Umumnya ketika telah memasuki usia kandungan yang cukup anda akan mengalami sakit punggung saat hamil 1 bulan, dan ketika fase ini anda harus mengurangi beban aktivitas sehari – hari yang menumpuk.

Makanan Yang Harus Dihindari

Ketika anda hamil penting sekali untuk anda selalu mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan mulai memakan makanan yang sehat ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Terutama bagi yang usianya masih muda maka makanlah makanan yang baik untuk ibu hamil muda seperti buah dan sayur yang telah dicuci sampai bersih.

Ketika anda hamil maka sangat penting untuk selalu mencukupi kebutuhan tubuh anda dengan jumlah nutrisi yang cukup. Jika anda merupakan seorang penggemar dari makanan daging setengah matang seperti steak ataupun sushi maka sebaiknya harus anda hindari terlebih dahulu karena akan berdampak tidak baik untuk kehamilan anda itu.

Posisi Tidur Yang Benar

Ketika kehamilan anda telah memasuki usia lima bulan maka sebaiknya anda tidak perlu lagi untuk tidur dengan posisi yang telentang. Posisi terbaik adalah ketika menghadap ke sebelah kiri, selain posisinya yang nyaman posisi ini juga akan memberikan kelancaran terhadap sirkulasi darahmu serta asupan – asupan nutrisi untuk buah hati anda tersebut.

Supaya mempermudah anda untuk memperoleh kualitas tidur yang maksimal maka sebaiknya anda harus mencoba tidur dengan cara yang menyamping. Coba anda lakukan dengan cara tidur melalui posisi menyamping dengan cara letak bantal berada di pinggang untuk memperoleh kualitas tidur yang maksimal.

Penutup

Pernikahan sendiri adalah sebuah momen yang sangat spesial untuk pasangan pria dan wanita, tak jarang orang – orang mencari paket pernikahan adat betawi untuk memeriahkan pernikahan mereka supaya tampak meriah dan memiliki momen kenangan yang indah untuk dikenang. Tentu dengan perayaan pernikahan yang meriah akan memberikan kesan tersendiri untuk tamu undangan terhadap anda dan pasangan.

Setelah pernikahan biasanya anda dan pasangan akan dihadapkan lagi dengan momen spesial yang selanjutnya yaitu kehamilan. Jadi nantinya anda akan menjadi seorang calon ayah maupun calon ibu untuk anak yang dikandung. Namun terkadang ada saja kendala dalam proses kehamilan itu sendiri dimulai dari aneka penyebab hamil tidak terdeteksi test pack, kemudian punggung yang sakit, dan lain semacamnya.Demikian artikel tentang usia menikah yang ideal dari kacamata BKKBN dan juga psikologi, serta info seputar kehamilan yang sekiranya bisa menambah pengetahuan anda mengenai hal tersebut. Tentu akan menjadi sebuah hal yang bagus jika berdampak baik untuk kehidupan anda sebagaimana yang telah kami harapkan sebelumnya. Karena menikah bukan masalah memiliki anak saja, namun juga merawat serta membina keharmonisan keluarga. Semoga bermanfaat.


Posted

in

,

by