Umur di Bawah 25 Tahun? Begini Tips Menikah di Usia Muda

Catat! Tips Menikah di Usia Muda untuk Anda yang Masih di Bawah 25 Tahun

Menikah adalah impian banyak orang. Pembahasan masalah nikah pula selalu menarik untuk dikulik dan dibahas tiada henti. Ditambah kini semakin banyak para idola yang menikah muda, dan mereka kerap membagikan pengalaman tentang indahnya menikah di usia muda. Tentu makin penasaranlah banyak orang yang juga ingin merasakan menikah di usia dini. Namun, pernikahan dini itu tidak gampang lho. Ada beberapa tips menikah di usia muda yang harus diperhatikan agar pernikahan bisa langgeng.

Ingin tahu seperti apa tipsnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini,ya!

Tata Niat

Setiap melakukan sesuatu haruslah diiringi dengan niat, agar yang dilakukan dapat berjalan baik dan membawa kebaikan. Tak terkecuali dengan menikah, yang dikatakan merupakan ibadah dan penyempurna separuh agama. Niat yang dilakukan harus baik dan dilakukan dengan benar agar pernikahan yang dilakukan dan akan dijalani bisa berjalan lancar samawa hingga akhir.

Kemandirian yang Tertata

Kata orang menikah muda itu rawan konflik apabila kedua pasangan tidak punya kecakapan dalam beberapa hal. Salah satunya adalah kesiapan tentang kemandirian. Bagaimana pun menikah berarti menandakan bahwa Anda bukanlah tanggungjawab orang tua lagi. Dituntut untuk bisa mandiri dalam melakukan apa pun. Terutama jika setelah menikah memutuskan untuk tinggal terpisah dengan orang tua atau mertua.

Kesiapan Finansial

Selain tentang kemandirian yang harus dipersiapkan dengan matang, kesiapan finansial adalah tips selanjutnya agar pernikahan yang dilakukan di usia dini tidak menimbulkan banyak konflik. Sebagai pasangan yang telah menikah, sudah seharusnya tidak lagi meminta uang kepada orang tua untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, sebelum menikah persiapan finansial harus diperhatikan. Tidak harus berpenghasilan tetap, yang penting berpenghasilan setiap hari.

Siapkan Mental Karena Menikah Muda itu Rawan

Usia muda adalah usia di mana seorang laki-laki dan perempuan masih asyik mencari jati diri  dan ingin menggapai banyak impian. Ketika telah bertekad untuk menikah muda, bukan berarti mimpi tidak bisa dicapai. Masih banyak jalan untuk meraihnya. Yang dikhawatirkan adalah ketika mental masih labil, tidak punya pendirian dan lebih mudah terpengaruh pembicaraan yang tidak baik tentang pernikahan dini. Kesiapan mental ini juga harus benar-benar matang, karena sepanjang pernikahan akan ada banyak rintangan berat atau sulit yang akan dilalui.

Bahas Karier dan Pendidikan

Menikah di usia dini, yang notabenene masih kuliah, baru saja bekerja, kadang menjadi dilema tersendiri. Ketakutan akan selalu hadir membayangi jika tidak dibekali ilmu dan kesiapan yang mumpuni. Banyak yang takut menikah muda akan mematikan karier dan pendidikan. Di sinilah komunikasi antar pasangan sangat diperlukan. Bahas bagaimanakah kelanjutan karier dan pendidikan setelah menikah dengan pasangan. Jika bisa berlanjut dan akan baik-baik saja, menikah muda tidak ada salahnya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dan akan bermasalah ketika menikah di usia muda, jika kedua pasangan mempunyai kesiapan yang sama-sama matang, ilmu yang kuat serta niat tulus dan baik ingin beribadah. Setiap pernikahan akan mengalami permasalahan, tidak pandang usia berapa menikah. Yang membedakan adalah kesiapan psikologis dan mentalnya. Yang muda dan telah siap psikologisnya akan menang dari yang menikah pada usia tua, tapi psikologisnya tidak matang. Semoga tips menikah di usia muda tersebut bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk menikah sesegera mungkin.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.