Tips Sukses yang Perlu Dilakukan Sebelum Hari Pernikahan

Tips Sukses yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad nikah atau Hari H Pernikahan

Akad nikah merupakan ikrar sakral dan bersejarah bagi pasangan pengantin. Sehingga menjelang hari H pernikahan banyak hal yang perlu dipersiapkan baik yang bersifat wajib secara agama dan lainnya agar pernikahan berjalan lancar dan sesuai keinginan. Namun, menyiapkan pernikahan bukanlah perkara mudah, berikut ini hal yang perlu dilakukan sebelum akad nikah atau hari H agar pernikahan Anda berjalan lancar:

Persiapkan Bagaimana Konsep Pernikahan Idaman Anda

Hal pertama yang wajib Anda siapkan agar pernikahan Anda berjalan dengan lancar yaitu menyiapkan secara garis besar konsep pernikahan Anda. Sebelum memutuskan konsep pernikahan sebaiknya diskusikanlah dahulu kepada calon pasangan dan kedua keluarga besar calon mempelai.

Gambaran besar konsep pernikahan biasanya meliputi tema pernikahan, tempat pernikahan baik tempat akad dan tempat resepsi, menentukan menu makanan pernikahan, dekorasi, rias pernikahan, fotografer, undangan pernikahan, suvenir dan lainnya.

Melengkapi Berkas Persyaratan Pernikahan

Hal wajib lainnya yang wajib Anda siapkan yaitu melengkapi semua berkas persyaratan pernikahan yang wajib Anda serahkan ke pihak kantor urusan agama (KUA). Diantaranya yaitu salinan kartu tanda penduduk, salinan kartu keluarga, pas foto, berkas pernyataan atau pengantar dari ketua RT dan kelurahan lokasi tempat akad pernikahan, dan materai.

Sebaiknya segala berkas persyaratan pernikahan ini Anda siapkan dan lengkapi jauh hari dan jangan mendadak yaitu paling cepat dua bulan sebelum pernikahan.

Pasalnya, selain untuk memperlancar proses pendaftaran pernikahan ke pihak KUA, hal ini agar pihak penghulu bisa menyesuaikan jadwal akad sesuai keinginan Anda. 

Menyiapkan Mahar Pernikahan

Hal selanjutnya yang harus Anda disiapkan menjelang akad nikah yaitu menyiapkan mahar sesuai kesepakatan calon pengantin. 

Mahar pernikahan sendiri merupakan salah satu syarat yang wajib ada dalam akad nikah. Selain itu, mahar juga mempunyai makna tersirat untuk memuliakan seorang wanita.

Namun, mahar yang baik bagi calon pengantin wanita adalah yang paling meringankan bagi calon pengantin pria.  Selanjutnya, mahar bisa berupa uang, perhiasan, alat sholat, dan lainnya. 

Memastikan Pihak yang Bersangkutan Selama  Proses Akad Nikah Menghadiri Pernikahan 

Hal lainnya yang perlu disiapkan agar pernikahan berjalan lancar yaitu memastikan kehadiran orang-orang penting dalam pernikahan Anda seperti wali nikah dan saksi nikah.

Pastikah semua pihak yang bersangkutan wajib dan sanggup menghadiri pernikahan Anda. Pasalnya, kehadiran wali nikah dan saksi nikah merupakan syarat sah pernikahan.

Menyiapkan Kondisi Fisik dan Mental Calon Pengantin

Hal lainnya yang tidak kalah penting yaitu mempersiapkan fisik dan mental Anda menjelang hari H pernikahan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan agar kondisi fisik Anda tetap terjaga hingga hari akad nikah berlangsung diantaranya yaitu jangan terlalu sibuk menyiapkan pernikahan Anda sendiri.

Selain itu, sebaiknya luangkan waktu Anda untuk berolahraga dan melakukan hal-hal yang membuat Anda semakin rileks dan terhindar dari stres.

Sedangkan untuk menyiapkan mental Anda yaitu perbanyak berdoa, mendekatkan diri kepada Allah dan meminta restu kepada orang terdekat agar hati Anda semakin dimantapkan dan acara pernikahan Anda berjalan dengan lancar.Nah, itulah hal yang perlu dilakukan sebelum akad nikah atau hari H agar pernikahan Anda berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan Anda. Selain itu, semoga artikel ini bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.