Tips Persiapan Pernikahan yang Hemat dan Berkesan

Persiapan Pernikahan Ini Penting Kamu Ketahui Agar Lebih Berkesan

Sobat, adakah disini yang sedang melakukan persiapan pernikahan?. Seusai acara lamaran usai dilakukan, yang jelas akan disibukkan dengan segala persiapan untuk pernikahan kelak. Persiapan dilakukan dengan matang dan tidak main-main. Karena pernikahan adalah hal sakral yang akan terjadi sekali seumur hidup.

Jadi wajar jikalau persiapan pernikahan dilakukan sebaik mungkin jauh-jauh hari. Untuk Kamu yang belum punya bekal mempersiapkan sesuatunya, boleh baca ulasan berikut ini :

Lokasi Pernikahan

Persiapan pernikahan yang harus jauh-jauh disiapkan adalah lokasi pernikahan. Apalagi jika Kamu tinggal di Kota dan memilih gedung sebagai lokasi nikah. Agar kebagian gedung yang diinginkan, sewa gedung bisa dilakukan setelah acara lamaran usai. Dikhawatirkan tidak kebagian gedung yang sesuai karena banyaknya pernikahan.

Undangan

Begitu urusan gedung telah usai, persiapan lain adalah melakukan list berapa orang yang akan diundang dan jenis undangan apa yang akan Kamu buat. Undangan bisa dibuat dengan konsep sederhana, karena biasanya undangan juga akan dibuang setelah acara usai.

Souvenir

Untuk menghargai kedatangan tamu, tentunya Kamu harus memberikan sesuatu sebagai kenang-kenangan. Persiapan pernikahan yang satu ini juga harus disiapkan jauh hari. Souvenir yang diberikan bisa bermacam-macam tergantung keinginan.

Catering

Para tamu undangan yang telah hadir juga butuh makan saat tiba ditempat acara. Untuk menghormati tamu, Kamu bisa menyiapkan hidangan spesial. Jika tidak memakai jasa Wedding Organizer, Kamu bisa memesan di tempat lain yang kualitas makanannya terjamin enak.

Administrasi

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan administrasi untuk pendaftaran pernikahan di KUA. Semuanya harus disiapkan dengan baik agar tidak terjadi masalah jelang akad nikah nanti.

Tabungan

Nyatanya hidup yang sesungguhnya adalah setelah pernikahan, jadi jangan hamburkan uang Kamu untuk persiapan pernikahan saja. Kamu juga harus mengalokasikan dana untuk tabunganmu kelak setelah menikah.

Baju Pengantin dan Seragam Keluarga

Setiap wanita pastinya memimpikan pernikahan yang berkesan, karena hanya terjadi seumur hidup. Yang biasanya dilakukan persiapan maksimal adalah gaun pengantin.  Tidak harus mewah dan mahal, gaun pengantin pun bisa Kamu desain dan jahit sendiri agar lebih berkesan dan meninggalkan makna.

Seragam untuk keluarga juga tidak boleh ketinggalan. Bisa menyesuaikan warna dengan konsep dan baju pengantin yang digunakan agar seragam.

Kesalahan Ceroboh yang Kerap dilakukan Saat Persiapan Pernikahan

Sebagai calon pengantin ada beberapa kesalahan yang tidak terasa kerap dilakukan. Mungkin karena bersemangat dalam menyambut hari bahagia hingga beberapa kesalahan terjadi. Kesalahan tersebut diantaranya adalah;

Memesan Tempat Sebelum Undangan Fix

Kesalahan yang sering dilakukan adalah memesan tempat pernikahan dengan terburu-buru. Sebelum melakukannya pastikan berapa orang yang akan Kamu undang. Dengan begitu tidak akan terjadi kekurangan tempat saat acara pernikahan.

Konsep yang Tidak Matang

Acara pernikahan bisa tidak berjalan lancar jika konsep yang ingin diusung tidak ditentukan dengan matang. Jadi saat melakukan persiapan pernikahan buatlah konsep sematang mungkin agar pernikahanmu berkesan dan tidak mengecewakan.

Menjadikan Teman Sebagai “Petugas” Wedding

Tidak semua teman yang kamu mintai tolong untuk menjadi petugas saat pernikahan akan bersedia pada   hari -H. Lebih aman jika petugasnya adalah WO yang kamu sewa. Lebih profesional.

Melupakan Dokumen

Hal penting ini juga kerap dilupakan, printilan dokumen untuk pendaftaran akad nikah harus disiapkan dengan seksama agar tidak terjadi masalah.

Fitting Baju Pengantin Terlalu Dini

Biasanya ukuran tubuh pengantin saat acara lamaran dan pernikahan akan berbeda. Untuk menyiasatinya lakukan fitting baju pengantin juga mendekati hari pernikahan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.