Tips Persiapan Pernikahan dengan Modal di Bawah 10 Juta!

Persiapan Pernikahan Murah tapi Berkesan

Persiapan pernikahan sebenarnya bisa dilakukan dengan jumlah modal yang beragam. Ada yang menikah dengan biaya besar tapi ada juga yang bisa menikah dengan menggunakan modal kecil. Semua bisa diatur sesuai ketersediaan dana. Asalkan anda pandai mengelola dana yang anda alokasikan untuk menikah, maka menikah dengan modal berapapun pasti bisa.

Inti dari sebuah pernikahan adalah momen dari menikah itu sendiri. Tidak perlu bermewah-mewahan. Jika memang kemampuan anda tidak bisa menyelenggarakan acara pernikahan yang mewah dengan biaya yang besar maka tidak perlu memaksakan diri. Jangan sampai anda malah menunda pernikahan karena selalu terhalang masalah dana.

Tahukah anda bahwa ternyata menikah itu sangatlah mudah. Biaya yang dibutuhkan untuk menikah juga tidak harus mahal. Bahkan, anda bisa mempersiapkan pernikahan dengan modal di bawah Rp 10 juta. Wah, hemat sekali, bukan? Tapi bagaimana caranya bisa menikah dengan modal di bawah Rp 10 juta? Apakah memang bisa terwujud pernikahan dengan modal sekecil itu?

Tips Menikah Hemat

Bagi anda yang ingin menikah namun masih terkendala biaya, perlu diketahui bahwa dengan modal kurang dari Rp 10 juta saja anda sudah bisa menikah. Mungkin memang terdengar mustahil. Tapi, pada kenyataannya sudah banyak orang yang membuktikan bahwa tak perlu uang lebih dari Rp 10 juta untuk menikah.

Jika ingin menyelenggarakan pernikahan, lebih baik jangan berfokus pada kemewahannya. Hal yang paling penting untuk dipikirkan adalah inti dari pernikahan itu sendiri, masa depan masih panjang jadi jangan memaksakan diri menghabiskan banyak uang untuk pesta pernikahan. Ingin tahu seperti apa caranya menikah dengan biaya yang hemat?

Berikut adalah beberapa tips persiapan pernikahan dengan modal kurang dari Rp 10 juta :

Menikah di Rumah

Sewa gedung atau venue untuk menikah biasanya memakan biaya yang paling besar. Anda bisa menghemat biaya jika anda memilih untuk menikah di rumah. Gunakan halaman rumah sebagai venue pernikahan. Anda bisa mendapatkan lokasi pernikahan yang gratis sehingga uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Undang Keluarga dan Teman Dekat

Jangan mengundang banyak tamu. Kalau modal anda saja hanya kurang dari Rp 10 juta maka undanglah keluarga dan teman dekat saja. Pesta pernikahan anda tetap akan berkesan meskipun tidak didatangi oleh banyak orang. Justru pesta pernikahan akan berjalan lebih intim jika anda hanya mengundang keluarga dan teman dekat.

Buat Dekorasi yang Sederhana

Jangan memilih dekorasi yang berlebihan. Biaya untuk membuat dekorasi saat ini juga sangat mahal. Lebih baik pilih konsep dekorasi yang simpel dan minimalis. Untuk memberikan kesan romantis, anda bisa menambahkan lampu-lampu supaya dekorasi yang simpel terlihat lebih elegan.

Buat Acara Santai dan Hangat

Buatlah acara yang santai dan hangat. Tidak perlu membuat acara yang berlebihan. Cukup buat acara keluarga dan kumpul bersama. Makan-makan sambil mengobrol bersama keluarga dan sahabat pasti akan membuat acara pernikahan anda justru lebih intim dan hangat. Jika ingin menambah keseruan, anda bisa mengadakan game kecil-kecilan.

Tanpa Pesta Berlebihan

Jika ingin lebih hemat lagi, anda bisa menikah tanpa mengadakan pesta berlebihan atau pesta apapun. Anda bisa cukup melakukan prosesi pernikahan inti tanpa mengadakan pesta hanya untuk bersenang-senang. Banyak pasangan yang justru merasa senang jika hanya mengadakan prosesi inti saja seperti akad nikah atau pemberkatan pernikahan karena lebih simpel dan hemat.
Itulah tadi beberapa tips untuk melangsungkan pernikahan dengan modal kurang dari Rp 10 juta. Sudah banyak contoh pasangan di luar sana yang membuktikan bisa menikah dengan biaya kecil. Pastikan anda melakukan persiapan pernikahan dengan cermat supaya modal yang tidak besar ini bisa dialokasikan dengan maksimal.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.