Komit Saja Tak Cukup, Ini Tips Pernikahan Jarak Jauh

Bagi banyak pasangan, menjalani long distance marriage bukanlah perkara mudah. Tuntutan karir sering menjadi alasan pasangan menjalani pernikahan jarak jauh. Ada banyak godaan yang menguji kesetiaan, kejujuran, dan komitmen pasangan selama menjalani hubungan jarak jauh. Lalu, bagaimana agar pernikahan jarak jauh tetap langgeng? Yuk, simak tips pernikahan jarak jauh di bawah ini.

Pastikan Kedua Belah Pihak Setuju Menjalani LDM

Setelah menikah, segala sesuatunya harus kamu diskusikan dengan pasangan. Tak terkecuali alasan menjalani pernikahan jarak jauh. Pastikan kedua belah pihak setuju untuk menjalani long distance marriage. Dengan adanya kesadaran dari keduabelah pihak, kamu akan mendapatkan support penuh, sehingga lebih mudah menjalani hubungan.

Jaga Kualitas Komunikasi

Komunikasi menjadi hal penting dalam merawat hubungan agar tetap langgeng. Sebab itu, tingkatkan kualitas komunikasimu dengan pasangan. Kamu bisa menghubunginya lewat pesan, video call, ataupun zoom untuk berbagi kabar. Menariknya, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa pasangan yang menjalani long distance marriage lebih puas dengan komunikasi mereka daripada pasangan yang tinggal bersama, lho.

Bagikan Cerita Kegiatan Sehari-hari 

Nyatanya menanyakan kabar pasangan saja tidaklah cukup. Kamu bisa membagikan cerita kegiatan sehari-hari sembari melepas rindu. Tips pernikahan jarak jauh ini juga akan membuatmu lebih dekat dan mengetahui keseharian pasanganmu.

Tak hanya itu, dengan berbagi cerita kegiatan, kamu tidak akan merasa sendirian. Kamu pun tetap bisa mendapatkan dukungan dari pasanganmu meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kehadirannya dalam setiap aktivitasmu. Jangan lupa untuk memperbarui informasi satu sama lain supaya tidak tertinggal kabar pasanganmu.

Jangan Berlebihan dalam Berkomunikasi

Meskipun komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah hubungan, tapi bukan berarti kamu harus menghubungi pasanganmu setiap jamnya. Alih-alih merasa diperhatikan, pasanganmu bisa kesal jika kamu terlalu sering menghubunginya.

Tak hanya itu, komunikasi yang berlebihan juga berpotensi mengganggu aktivitas pasanganmu. Sebagai gantinya, kamu bisa menghubunginya saat jam istirahat atau setelah pulang kerja. Komunikasi yang dilakukan pada jam senggang dan tidak berlebihan akan membuat pasanganmu lebih nyaman.

Luangkan Waktu untuk Bertemu

Tips pernikahan jarak jauh yang berikutnya adalah meluangkan waktu untuk bertemu dengan pasangan. Untuk hubungan jarak jauh yang hanya beda kota dan masih satu negara, kamu bisa menyempatkan diri bertemu di hari libur atau momen-momen penting, seperti saat hari ulang tahunnya, anniversary pernikahan, ataupun hari raya.

Sementara untuk pasangan long distance marriage yang terpisah negara, kamu bisa menyesuaikan jadwal temu dengan budget yang ada. Sebab untuk perjalanan ke luar negeri, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika kamu tinggal beberapa hari di negara tersebut.

Sepakati Berapa Lama Akan Menjalani LDM 

Selain lima tips di atas, kamu perlu membuat kesepakatan dengan pasangan terkait berapa lama akan menjalani long distance marriage. Target yang jelas akan membantu kamu dan pasangan untuk tetap bertahan menghadapi cobaan pernikahan jarak jauh. Perlu dipahami pula bahwa semakin lama kamu menjalani LDM, maka cobaannya pun akan semakin banyak. Terutama soal kesetiaan pada pasangan. Itulah tips pernikahan jarak jauh agar hubunganmu tetap langgeng. Mengingat banyaknya rintangan yang harus dihadapi selama menjalani pernikahan jarak jauh, dibutuhkan komitmen dan kesadaran dari keduabelah pihak untuk menjaga kesetiaan. Jika ada masalah, hadapilah dengan kepala dingin agar konflik tidak melebar.


Posted

in

,

by

Tags: