Tips Catering Pernikahan Agar Tidak Over Budget

Tips Catering Pernikahan: Cara Mengatur Budget yang Benar

Dalam pesta pernikahan, catering bisa menjadi biaya yang paling mahal. Itulah kenapa Anda harus melakukan persiapan catering pernikahan yang matang. Nah, berikut ini, kami akan mengulas tips catering pernikahan. Tips kali ini adalah menghemat budget untuk catering agar tidak terlalu over

Dalam menghemat budget catering, sebaiknya Anda terapkan beberapa metode berikut:

Membatasi Tamu Undangan

Untuk membatasi budgeting pada catering, salah satunya adalah dengan membatasi tamu undangan. Dengan jumlah tamu yang sedikit, maka resepsi pun akan lebih hemat. Selain itu, resepsi pun akan terasa lebih intim dan akrab. 

Tamu yang Anda undang hanya dari kalangan sahabat dan kerabat saja. Atau mereka yang hanya Anda dan pasangan Anda kenali. 

Cermati Pada Saat Penghitungan Jumlah Porsi

Jumlah porsi akan menentukan budget yang dikeluarkan. Cara menghitung jumlah porsi sangat mudah. Yaitu, dengan menjumlahkan tamu undangan, lalu kemudian dikali dua. Alasannya karena tamu yang diundang biasanya selalu membawa gandengan. Jika Anda mengundang 500 orang, berarti jumlahnya sekitar 1000 porsi. 

Namun, karena tidak semua tamu undangan hadir. Jumlah 1000 tersebut bisa dikurangi 10%. 

Memilih Menu yang Tepat

Menu adalah salah satu solusi yang bisa menghemat biaya catering. Pilihlah menu yang tepat. Misalnya pada menu buffet, pilihlah  lauk bertulang dibandingkan menu filet. Karena, filet mudah sekali disantap oleh para tamu. Sehingga, tamu akan cepat menghabiskan makanan Anda.

Ada cukup banyak menu lauk bertulang yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya seperti ayam kecap wangi, ayam mentega, dan masih banyak lainnya. 

Untuk menu stall, ada beberapa pilihan. Pilihan paling murah ialah siomay, sate, dan soto. Sedangkan yang mahal biasanya seperti steak kambing dan ikan. Anda tahu kan harus memilih yang mana?

Stall atau pondokan adalah tempat kudapan bagi para tamu. Kudapan ini bertujuan sebagai pengantar makan berat. Umumnya menu stall ini disajikan mini. Jumlah porsi stall lebih sedikit dibandingkan buffet. Perbandingan jumlahnya sekitar 20% menu stall, dan 80% menu buffet. Meski porsinya sedikit, Anda bisa menaruh menu yang beragam. 

Mengurangi Jenis Stall dan Memperbanyak Porsinya

Setiap perusahaan catering umumnya menyediakan menu stall yang begitu beragam. Namun, daripada memilih banyak jenis menu stall dengan porsi terbatas, sebaiknya batasilah hanya 3 hingga 4 jenis makanan saja. Meski jenis makanan dibatasi, Anda bisa meningkatkan jumlah porsinya. 

Alasannya karena, jika ragam makanan terlalu banyak, tamu akan tergoda. Mereka cenderung akan mencicipi semuanya. 

Mengadakan Resepsi di Malam Hari

Mengadakan pesta di malam hari akan mengurangi jumlah catering. Alasannya, di malam hari orang cenderung akan mengurangi porsi makan dibanding siang hari. Karena, siang hari adalah waktu di mana orang melakukan aktivitas makan karena lapar. 

Resepsi di malam hari biasanya akan mengurangi porsi catering. Karena, para tamu cenderung kurang memiliki hasrat untuk makan. 

“Kesimpulan”

Catering memerlukan persiapan yang matang pada pesta pernikahan. Pemilihan jumlah menu dan porsi pun harus disusun secara apik. Karena, jika salah perhitungan, maka budget pernikahan akan membengkak. Guna menghindari hal tersebut, aturlah budgeting dengan tips yang telah kami jelaskan di atas. Dengan begitu, biaya catering tidak akan membengkak. 

Nah, itulah tips catering pernikahan agar budgeting tidak membengkak. Bagi mereka yang memiliki kematangan budgeting, jenis dan menu catering tidak menjadi soal. Namun, bagi yang memiliki budget terbatas, pemilihan menu dan jumlah sangat menentukan. 


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.