Tips Catering Pernikahan Agar Tamu Undangan Puas

7 Tips Catering Pernikahan yang Wajib Anda Ketahui

Dalam pesta pernikahan, makanan merupakan hal paling penting yang harus dipersiapkan. Untuk kepuasan para tamu undangan, berikut kami ulas tips catering pernikahan yang wajib Anda perhatikan. 

Setidaknya ada 7 poin yang perlu Anda ketahui agar tamu undangan puas pada hidangan Anda. Berikut kami jelaskan apa saja ke-7 poin tersebut.

Konsep Penyajian Makanan yang Matang

Matang yang dimaksud adalah desain dan cara penyajiannya. Konsep penyajian ini bisa berbentuk angkringan, prasmanan, atau gubugan. Konsep bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. 

Penyajian makanan, sejatinya harus disesuaikan dengan tema pernikahan. Tujuannya agar suasana yang disajikan dapat memberi kenyamanan bagi tamu undangan. Misalnya, pesta pernikahan berkonsep standing party. Maka, untuk standing party, konsep angkringan akan cocok agar tamu leluasa ketika mengambil makanan. 

Jika tema acara ingin lebih akrab dan formal, pilihlah konsep dengan tempat duduk. Dengan begitu, setiap orang bisa duduk dan menikmati hidangan. 

Sesuaikan Menu dengan Tema Pernikahan

Setelah penyajian, tips berikutnya adalah memilih menu yang tepat. Menu juga harus disesuaikan dengan tema. Misalnya, jika konsep pernikahannya adat Sunda, maka sajikanlah banyak menu Sunda-nya. 

Perhatikan juga bagaimana selera makanan tamu undangan. Anda pun bisa melakukan generalisasi, atau kombinasi menu. Penyesuaian menu akan memberi banyak benefit bagi para tamu undangan. Salah satu keuntungannya adalah, para tamu sudah tidak asing lagi dengan menunya. Jadi, mereka akan menikmati hidangan yang Anda sajikan. 

Memilih Menu yang Umum

Menerka-nerka selera menu makanan seseorang memang sulit. Tapi, Anda bisa menyiasatinya dengan cara yang mudah. Yaitu, memilih menu utama yang umum dihidangkan untuk menjamu para tamu. Contoh sederhananya adalah sate, karena menu ini paling populer pada pesta pernikahan. 

Seimbangkanlah Menu Makan yang Dipilih

Memuaskan para tamu undangan tidak harus menyajikan menu yang serba daging. Tapi, sajikanlah menu seimbang. Menu seimbang bisa Anda sajikan sebagai pembuka dan penutup. Misalnya, menyediakan makanan pembuka seperti buah, dan memasukan menu sayuran di menu utama. 

Jangan Memilih Menu yang Ribet Dimakan

Anda harus menghindar jenis menu yang ribet dimakan para tamu. Misalnya, memilih menu ikan utuh. Ikan utuh akan menyulitkan para tamu, terutama untuk konsep standing party. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih ikan filet tanpa duri. Dengan begitu, para tamu undangan akan nyaman mengonsumsinya. 

Lakukan Test Food Sebelum Memilih Vendor Catering

Test food adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuannya agar tidak salah memilih vendor catering. Dengan test food, Anda bisa menentukan kualitas menu dari suatu catering. Vendor catering yang berkualitas akan menjamin kepuasan para tamu. Tapi, tidak hanya berkualitas, harga yang ditawarkan pun harus sesuai dengan budget Anda. 

Selalu Memiliki Stok Makanan yang Cukup

Kekurangan makanan pada saat pesta pernikahan akan menjadi pengalaman buruk. Terkait hal ini, Anda bisa menyesuaikan terlebih dahulu jumlah porsi dan tamu undangan. Sejatinya, jumlah porsi yang disiapkan harus dua kali lebih banyak dari tamu undangan. Karena, tamu undangan yang datang bisa saja gandengan dengan kerabat, anak, atau teman yang mengantar. Demikian ulasan seputar tips catering pernikahan agar para tamu undangan puas. Pemilihan menu dan vendor catering yang tepat, adalah salah satu kunci sukses pesta pernikahan. Jadi, jangan sembarangan dalam memilih menu dan vendor catering. Jangan lupa juga untuk menyempurnakannya dengan cara penyajian yang khas. Semoga bermanfaat, ya.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.