Sebelum Akad Nikah Penuhi Syarat Berikut ini

Berbagai Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Nikah Harus Dipenuhi Lho

Ketika pernikahan sudah di depan mata, perasaan senang dan panik pun akan muncul pada calon pasangan pengantin. Sehingga stres tidak bisa dihindari ketika menjelang hari pernikahan tiba, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, ada beberapa poin penting yang perlu dilakukan sebelum akad nikah datang dan memungkinkan untuk mengurangi stres karena syarat pernikahan terpenuhi dengan baik.

Syarat Mempersiapkan Pernikahan

Banyaknya hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan, tentu saja akan membuat pasangan pengantin sangat sibuk. Calon pasangan pengantin akan disibukkan dengan hal-hal persiapan, baik persiapan tambahan hingga persiapan utama atau yang disyaratkan dalam pernikahan.  Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Mempercayakan sebagian tugas Anda kepada keluarga dan sahabat yang dipercaya akan mengurangi beban dalam banyaknya persiapan yang ada. Anda juga bisa menggunakan wedding organizer dan mempercayakan segalanya kepada mereka. Anda hanya perlu memastikan segala detail dan follow up dari perkembangan yang dilakukan WO tersebut.
  • Mempersiapkan bulan madu juga menjadi syarat dalam persiapan pernikahan. Sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan para pasangan baru, jadi Anda harus mencari informasi terkait tempat yang tepat untuk tujuan bulan madu Anda. 
  • Memperhatikan kesehatan tubuh Anda juga menjadi salah satu syarat wajib selama mempersiapkan pernikahan. Besarnya energi dan pikiran yang Anda gunakan selama persiapan, dapat membuat tubuh Anda melemah. Oleh sebab itu, imbangi dengan makan makanan yang bernutrisi untuk mencukupi asupan gizi yang diperlukan. Bahkan, Anda bisa memakan cokelat karena dipercaya dapat mengatasi stres akibat persiapan pernikahan. Anda juga harus berolahraga yang cukup agar tetap terlihat sehat dan bugar. Lakukan saja olahraga ringan seperti jogging santai, ataupun yoga.
  • Agar penampilan tetap fresh, kedua calon pengantin juga harus memanjakan diri menjelang hari pernikahan. Seperti melakukan perawatan di spa dan juga bisa menghabiskan waktu bersama pasangan Anda. Hal ini dimaksudkan agar menambah mood dan tingkat kepercayaan diri kedua pengantin, dan menciptakan suasana yang menyenangkan hingga hari pernikahan tiba.
  • Perlu Anda ingat! Hindari perawatan-perawatan yang dapat membawa risiko bagi penampilan Anda.

Syarat Sebelum Melakukan Akad Nikah

Akad nikah merupakan sebuah syarat yang harus dilakukan sebagai tanda sahnya suatu pernikahan. Terdapat bagian penting dalam akad nikah, yaitu Ijab Qobul yang mana menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh kedua pihak pengantin. Ini sebagai pernyataan terkait kemauan dari kedua belah pihak untuk menikah. Dalam akad nikah, ijab qobul adalah rukun nikah yang menentukan dalam menjadikan sesuatu dari yang haram menjadi halal. Oleh sebab itu, bagi Anda calon pengantin pria harus mengetahui beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum akad nikah berlangsung:

  1. Kedua belah pihak sudah bisa membedakan antara benar dan salah (tamyiz). Dengan kata lain kedua pihak sudah dewasa dan tidak gila.
  2. Ketika mengucapkan ijab, tidak boleh diselingi dengan kata-kata lain yang dianggap menghalangi terjadinya ijab qobul.
  3. Usahakan untuk tidak menyalahi ucapan ijab qobul. Apabila Anda memiliki ucapan ijab sendiri dan lebih baik, tunjukkan dengan pernyataan persetujuan yang lebih tegas.
  4. Para pihak yang melakukan akad nikah harus bisa mendengarkan pernyataan secara seksama, karena akad nikah merupakan pertimbangan dari niat utama dan maksud pernikahan tersebut.

Beberapa penjelasan di atas diharapkan dapat membantu Anda dalam memenuhi syarat yang perlu dilakukan sebelum akad nikah. Sehingga dengan terpenuhinya syarat-syarat tersebut, diharapkan dapat memberikan acara pernikahan yang hikmat dan lancar sesuai dengan impian Anda.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.