Pola Makan Bayi 6 Bulan Yang Tepat

Bagaimanakah pola makan bayi yang baik dan benar khususnya di usia 6 bulan? Usia 6 bulan adalah usia yang dianjurkan bagi bayi untuk mulai makan makanan padat. Namun tentu saja, sebagai masa transisi, pemberian makanan pada bayi harus tepat baik mengenai tekstur, kandungan nutrisi, dan jadwal. Lalu, bagaimanakah pola makan yang tepat untuk bayi di awal MPASI nya? Berikut penjelasannya.

Tekstur MPASI Bayi 6 Bulan

Karena sebelumnya hanya terbiasa dengan makanan cair, maka tekstur MPASI untuk bayi 6 bulan sebaiknya tidak terlalu keras atau padat. Selain memudahkan bayi untuk menelan, tekstur yang demikian membantu organ pencernaan lain seperti lambung atau usus untuk mengolah makanan.

Sangat disarankan untuk memblender atau menggunakan metode uleg-saring untuk MPASI bayi usia 6 bulan. Pada minggu pertama pemberian MPASI, tingkat kepadatan hanya setingkat lebih padat dari ASI atau susu formula. Perhatikan apakah ada masalah pada bayi seperti diare atau sembelit. Jika tidak ada masalah, Anda bisa meningkatkan teksturnya pada minggu berikutnya menjadi lebih padat.

Kandungan Nutrisi MPASI Bayi 6 Bulan

Dalam 1000 hari pertama usia bayi sejak dalam kandungan, komponen nutrisi yang paling dibutuhkan adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Bayi juga membutuhkan beberapa jenis mineral seperti zat besi dan kalsium untuk membantu pertumbuhan. Untuk itu, pola makan bayi beserta bahan-bahan masakan yang digunakan harus mengandung komponen-komponen di atas.

Untuk sumber karbohidrat, Anda bisa menggunakan nasi, kentang, dan ubi. Sementara itu, untuk protein, prioritaskan protein hewani seperti, daging, telur, hati ayam, ikan, dan sebagainya. Anda juga sebaiknya menggunakan bahan lemak tambahan seperti mentega, keju, atau santan.

Bagaimana dengan buah dan sayur? Tidak masalah sebenarnya untuk memperkenalkan buah dan sayur sejak dini. Namun untuk MPASI 6 bulan, jumlahnya sebaiknya sedikit dibandingkan ketiga komponen utama seperti disebutkan di atas.

Untuk ilmu parenting yang baik, perlu diketahui juga jika kebutuhan tiap bayi mungkin berbeda. Bayi juga bisa memiliki alergi tertentu sehingga tidak bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan. Untuk masalah yang demikian, konsultasikan pada DSA yang terpercaya.

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan masih membutuhkan ASI atau susu formula sebagai sumber makanan utama. Untuk itu, pastikan untuk memberikan jadwal makan yang tepat agar semua nutrisi dapat terpenuhi. Nah, contoh jadwal MPASI sebagai berikut.

6.00: bayi bangun tidur, berikan ASI atau susu formula.

7.00: makanan utama

9.00: jika bayi tidak tidur, berikan cemilan/ snack sesuai umur

11.00: ASI/ susu formula

12.00: makanan utama

14.00: jika bayi tidak tidur, berikan cemilan/ snack sesuai umur 

16.00: ASI/ susu formula

17.00: makanan utama

19.00: jika bayi tidak tidur, berikan cemilan/ snack sesuai umur

21.00: ASI/ susu formula 

Jadwal di atas bersifat fleksibel, artinya menyesuaikan jadwal tidur dan kondisi lapar anak. Snack sebaiknya diberikan hanya ketika anak sudah makan makanan utama serta sedang merasa lapar. Hal ini demi menjaga pola makan bayi tetap teratur dan seimbang.


Posted

in

,

by

Tags: