Yuk Simak 6 Tips Persiapan Nikah di Musim Hujan Berikut Ini!

Pada dasarnya, setiap pasangan dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatu secara matang sebelum acara pernikahan resmi digelar ketika hari H tiba. Salah satunya yakni dengan melakukan segala persiapan nikah di musim hujan agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari. Terlebih lagi, bagi kamu yang mungkin tertarik untuk mewujudkan keinginan pernikahan dengan konsep outdoor / di luar ruangan yang tentu saja akan sangat bergantung pada kondisi cuaca yang tidak menentu. Lantas, bagaimanakah tips mempersiapkan pernikahan di musim hujan tersebut?

Mengapa menikah perlu mempersiapkan mental secara matang?

Segala persiapan pernikahan baik secara material maupun non material memang menjadi hal yang patut untuk dipersiapkan secara matang bagi setiap pasangan yang ingin menikah. Sebelum mengetahui apa saja tips persiapan menikah di kala musim hujan termasuk dalam pemilihan pernikahan adat Palembang atau adat lainnya, salah satu persiapan yang penting untuk diperhatikan yakni persiapan mental dari setiap pasangan itu sendiri. Beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa persiapan mental perlu dipersiapkan secara matang yakni karena alasan berikut ini :

Dapat memahami perubahan yang akan terjadi

Menikah tentu saja akan membuat hidup kamu sangat jauh berbeda dengan sebelumnya. Maka dari itu, diperlukan persiapan mental untuk saling menerima perubahan tersebut agar nantinya kamu dan pasangan tidak shock ketika sudah menikah nanti.

Komunikasi sebagai kunci sukses sebuah hubungan

Banyak orang yang mengklaim kunci sukses sebuah hubungan terletak pada komunikasi. Akan tetapi, hal ini ternyata menjadi hal yang sulit untuk diterapkan. Sebagai solusinya, perlu adanya mental untuk berani terbuka satu sama lain dalam menyampaikan isi hati dan pikiran serta mau mendengarkan pasangan.

Bisa saling menghargai satu sama lain

Mempersiapkan mental yang matang sebelum menikah juga penting untuk bisa saling menghargai dan memahami pasangan agar nantinya bisa mencapai impian bersama.

Mampu menjalin kepercayaan

Ketika kamu memutuskan untuk menikah, maka perlu menjalin kepercayaan satu sama lain dengan pasangan agar nantinya bisa meminimalisir rasa curiga yang memicu pertengkaran. Itulah mengapa kamu perlu mempersiapkan mental yang matang agar dapat menjalin rasa kepercayaan dengan pasangan.

Apa saja tips persiapan menikah di musim hujan bagi calon pengantin?

Beberapa tips menikah di tahun depan penting dipahami dan dimengerti bagi setiap calon pengantin yang akan segera melangsungkan niat baik untuk mengarungi bahtera rumah tangga ke depannya nanti. Bagi kamu dan pasangan yang mungkin mengambil konsep pernikahan bertema outdoor, maka sebaiknya perlu persiapan lebih matang jika cuaca tidak mendukung alias hujan tiba – tiba turun secara tak terduga.

Dalam hal ini, beberapa persiapan yang diperlukan untuk menunjang acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar meski dilanda hujan di antaranya yakni sebagai berikut :

Persiapkan tenda / dekorasi pendukung

Hujan menjadi salah satu kondisi yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Namun, disini kamu bisa mengantisipasinya dengan mempersiapkan tenda / dekorasi pendukung yang lebar untuk melindungi para tamu undangan yang datang ke acara pernikahanmu. Dengan mempersiapkan hal ini, maka acara pernikahan yang kamu gelar dengan konsep outdoor akan berjalan lancar tanpa takut hujan melanda.

Pakai riasan make up yang waterproof 

Umumnya, menikah dengan konsep outdoor maupun indoor kemungkinan akan membuat wajah kamu sering kali ber-cipika cipiki dengan tamu undangan yang hadir. Untuk menghindari masalah make up nikah yang luntur, sebaiknya kamu menggunakan riasan make up yang waterproof sehingga akan awet dan tahan lama sepanjang hari.  

Pertimbangkan pemakaian sepatu berhak tinggi

Sebelum merasakan menjalani peran suami istri di dalam rumah tangga, termasuk merasakan buka puasa bareng pasangan, ada hal penting yang harus kamu persiapkan dalam menikah di kala musim hujan tiba. Dimana, disini kamu perlu mempertimbangkan pemakaian sepatu berhak tinggi / heels yang mana akan memberikan risiko ketika kamu berjalan di altar pernikahan. Agar terhindar dari risiko tergelincir, sebaiknya kamu gunakan sepatu yang berhak rendah.

Pastikan tamu undangan tidak kehujanan saat datang ke acara pernikahan

Meskipun digelar di ruangan outdoor maupun indoor yang bebas dari masalah rintik hujan turun, ada hal penting yang perlu kamu dan pasangan persiapkan, yakni mengenai kenyamanan tamu undangan yang hadir di acara pernikahanmu nanti. Disini, kamu juga perlu memastikan bahwa tamu undangan yang hadir di acara kamu tidak kehujanan sama sekali. Untuk persiapan nikah di musim hujan ini, kamu bisa menyiapkan beberapa orang untuk bertugas menjemput tamu undangan.

Pastikan makanan terlindugi dengan baik

Memutuskan menikah saat musim hujan tiba memang membutuhkan persiapan yang ekstra bagi setiap calon pasangan. Tidak hanya masalah gedung pernikahan, akan tetapi mengenai makanan yang akan disajikan untuk para tamu undangan juga perlu mendapatkan perlindungan yang baik. Dalam hal ini, kamu perlu memastikan bahwa makanan di acara pernikahanmu tetap dalam kondisi aman dan terhindar dari terkena rintik air hujan sehingga terjaga kehigienisannya.

Pilih fotografer yang professional untuk sesi foto bersejarah

Musim hujan sering kali membuat sesi foto kurang berjalan sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, disini kamu bisa mengatasinya dengan memilih jasa layanan fotografer yang sudah professional di bidangnya untuk mengabadikan momen bersejarah pernikahanmu nanti. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan membuat foto pernikahanmu jauh lebih maksimal sesuai dengan harapan.

Tips memilih WO ketika memakai pakaian adat tradisional

Rata – rata tak sedikit calon pengantin yang memilih untuk menggunakan pakaian adat seperti pernikahan adat NTB maupun adat daerah lain ketika menikah. Agar kamu tidak salah pilih jasa wedding organizer saat memakai konsep pernikahan dengan baju adat, maka sebaiknya memperhatikan beberapa tips dan trik berikut ini :

Cari banyak referensi jasa WO

Sebelum bisa menikmati momen lebaran bareng keluarga pasangan, calon pasangan pengantin yang akan menikah diharuskan untuk mencari banyak referensi jasa WO ketika sudah menentukan konsep pesta pernikahan yang diinginkan. Disini, kamu dan pasangan bisa mencari dari banyaknya ulasan orang – orang yang sudah menggunakan jasa WO tersebut. Pastikan jasa WO yang dipilih memang sudah ahli dan professional di bidangnya.

Pilih jasa WO yang bisa memberikan solusi

Mengingat hampir sebagian besar jalannya acara pernikahan bergantung pada kerja keras WO dalam mempersiapkan segala acara, maka dari itu sangat penting bagi kamu dan pasangan untuk memilih jasa WO yang bisa memberikan solusi baiknya melangsungkan pernikahan yang akan dilangsungkan. Disini, kamu dan pasangan bisa berdiskusi dengan jasa WO untuk mewujudkan konsep pesta pernikahan sesuai dengan keinginan nantinya.

Itulah tadi beberapa hal penting mengenai persiapan nikah di musim hujan yang harus kamu dan pasangan perhatikan dan pertimbangkan baik – baik sebelum acara pernikahan benar – benar dilangsungkan.


Posted

in

,

by