Nikah Muda : Yes Or No ?

Nikah Muda, Antara Keinginan dan Realita

Tahukah Anda bahwa tren nikah muda kian santer terdengar? Sebenarnya, menikah muda bukanlah sesuatu yang baru. Fenomena ini sudah terjadi sejak lama. Bahkan, di zaman dulu, yakni puluhan tahun silam, menikah muda adalah suatu keharusan.

Kini, hal tersebut kembali menjadi tren. Banyak orang memutuskan untuk menikah dini lantaran beberapa hal, mulai dari tidak ingin melanggar aturan agama, hingga tak ingin jarak umur dengan anak terpaut jauh.

Sebenarnya, untuk memutuskan menikah di usai muda atau usia matang adalah hak setiap orang. Ingat, kesiapan seseorang tidak berkaitan dengan umur, melainkan mental. Kesiapan seseorang pun tidak dapat dipaksakan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menunda pernikahan sebelum Anda benar-benar siap lahir batin. Namun, jika Anda merasa dikejar-kejar umur atau ingin mewujudkan impian menikah muda, maka Anda perlu mempertimbangkan sejumlah hal.

Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Menikah Muda

Adapun beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memutuskan menikah, antara lain sebagai berikut.

Siap Secara Mental

Sebelum menikah, pastikan Anda telah siap secara mental. Ingat, menikah bukan perkara mudah, sebab dalam waktu singkat kewajiban Anda bertambah.

Jangan karena desakan orang tua atau orang sekitar Anda, Anda memutuskan untuk menikah. Apalagi jika niat Anda hanyalah karena ingin menghalalkan hubungan badan. Pernikahan adalah sesuatu yang sakral. Yakinkan diri Anda lebih dulu sebelum melangkah ke jenjang pernikahan.

Memiliki Rencana Masa Depan yang Sama dengan Pasangan

Sebelum menikah, Anda harus memiliki visi dan misi dan menyatukan hal tersebut dengan pasangan. Jika Anda menemukan perbedaan yang cukup mencolok, carilah solusinya lebih dulu.

Jika cara pandang Anda berbeda dengan pasangan dan dibiarkan begitu saja, hal ini dapat menjadi masalah di kemudian hari. Bukan hal yang mustahil jika pernikahan Anda mengalami keretakan hingga berujung perpisahan.

Mandiri Secara Finansial

Memiliki niat untuk menikah usia muda memang baik, tetapi jika tidak diimbangi dengan finansial yang stabil, Anda akan kesulitan. Meskipun, nikah akan membuka pintu rezeki, faktanya tak sedikit orang yang mengakhiri pernikahan karena masalah ekonomi.

Anda tak boleh menyepelekan hal ini. Jangan pernah berpikir untuk menikah jika Anda tidak mampu menghidupi diri Anda sendiri. Sebaiknya, stabilkan finansial Anda lebih dulu baru kemudian rencanakan pernikahan impian Anda.

Mampu Menetapkan Prioritas

Sebagian besar anak muda masih kesulitan menetapkan prioritas. Apa yang sebaiknya didahulukan, apa yang sebaiknya ditunda, dan hal-hal lainnya.

Tanpa manajemen prioritas yang baik, Anda akan kesulitan menetapkan hal yang lebih penting dan cenderung memutuskan berdasarkan apa yang Anda inginkan, bukan yang Anda butuhkan atau harus lakukan.

Yakin dengan Pasangan

Keyakinan terhadap pasangan merupakan hal yang tak kalah penting sebelum menikah. Jangan sampai Anda meragu setelah pernikahan terjadi. Hal ini akan berdampak buruk bagi biduk rumah tangga Anda, seperti rasa curiga berlebihan atau merasa ia bukanlah pasangan yang tepat.

Jika Anda masih memiliki keraguan, sebaiknya cari alasan apa yang membuat Anda ragu dan perbaiki hal tersebut. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan pernikahan yang bahagia lahir dan batin.

Itulah sejumlah hal yang harus Anda pertimbangkan secara matang sebelum menikah. Jika Anda merasa yakin, maka nikah muda bukanlah suatu masalah. Namun, jika sebaliknya, maka tunda rencana pernikahan Anda hingga benar-benar siap.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.