Menikah di Usia Muda? Pertimbangkan 5 Hal Berikut

Tips Menikah di Usia Muda, Jangan Lupa Pertimbangkan Hal Penting Ini

Menikah di usia muda, banyak yang takut untuk melakukannya. Namun, lebih banyak juga yang mempunyai impian demikian. untuk mendukung agar impian menikah muda terlaksana dan tidak menimbulkan masalah, ada banyak persiapan dan juga pertimbangan yang harus dilakukan. Menikah itu tidak hanya bermodal cinta saja, karena nasi bungkus tidak bisa dibeli dengan cinta, kan? Tips menikah di usia muda, sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin melangkah ke jenjang ini.

Nah, bagi yang sudah punya bayangan menikah muda, pertimbangkan dulu dengan matang 5 hal berikut ini:

Koreksi Dulu Niatnya

Menikah harus punya niat yang kuat, karena jika tidak tidak akan mampu menghadapi segala permasalahan yang akan dihadapi kelak. Niatnya ini sejak awal harus ditetapkan. Apakah niat menikah muda itu hanya untuk mengikuti tren yang sedang hits atau memang ingin beribadah, menyempurnakan separuh agama dan menjauhi maksiat. Pastikan niatnya memang baik dan untuk kebaikan.

Sudahkah Berpenghasilan?

Dalam rukun menikah memang tidak ada poin bahwa laki-laki harus mapan dan punya penghasilan tetap. Yang paling penting adalah, laki-laki yang ingin menikah harus berpenghasilan dan mau bekerja. . jadi ketika keinginan menikah muda, tidak harus punya penghasilan besar kok, asalkan sudah bisa menghasilkan uang meskipun sedikit dan mau terus berusaha, boleh dan sah saja.

Menikah juga Butuh Ilmu, Sudah Punya Bekal?

Banyak yang mengatakan bahwa menikah itu tidak hanya cukup bermodalkan cinta. Dan itu memang benar adanya. Bukan bualan semata. Menikah, yang penting juga harus dibekali ilmu dan wawasan tentang pernikahan. Karena menikah tidak hanya dilakukan sehari dua hari, tapi selamanya. Pernikahan juga biasanya akan diwarnai konflik, gesekan, dan masalah yang tiada henti. Ilmu dibutuhkan agar kedua pasangan dapat melewati masalah dengan kepala dingin serta menghindari perceraian.

Akan Tinggal di Mana

Bagi kedua pasangan, harus bisa memutuskan akan tinggal di mana setelah menikah. Hal ini juga penting karena akan melatih kemandirian pasca menikah. Kemandirian akan semakin terlatih jika memutuskan untuk tinggal terpisah dengan orang tua. Tinggal bersama orang tua atau mertua juga tidak salah jika belum mampu untuk tinggal sendiri. Yang paling penting tidak lagi menggantungkan hidup pada mereka.

Bagaimana Tentang Pendidikan

Menikah di usia muda, biasanya pendidikan masih berjalan. Sebelum menikah, masalah ini harus dibicarakan dengan pasangan. Bagaimanakah nasib pendidikannya nanti, apakah akan diteruskan atau dilanjutkan. Pun dengan biaya pendidikan, apakah masih bergantung pada orang tua atau dibiayai sendiri.

Menikah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan atau bahkan dengan tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan segala aspek penting yang dibutuhkan. Jangan hanya karena ingin mengikuti tren atau memenuhi hawa nafsu semata pernikahan yang dilakukan akan mendatangkan masalah di kemudian hari. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dengan matang.
Pertimbangan di atas sekiranya dapat membuka pikiran atau wawasan pasangan yang berkeinginan menikah muda. Dan bisa dipersiapkan sejak dini. Dengan demikian pernikahan yang dilakukan dapat berjalan langgeng dan dapat menghindari perceraian yang membayangi pernikahan di usia muda karena masih labil. Semoga ulasan tips menikah di usia muda dapat bermanfaat bagi siapa pun yang mempunyai cita-cita untuk menikah muda.


Posted

in

by

Tags: