Mengatur Porsi Katering Agar Tidak Menguras Budget

Katering atau jamuan makan untuk tamu menjadi anggaran terbesar dalam sebuah pesta pernikahan, jika kamu tidak mengatur porsi tiap makanan dengan baik bisa-bisa anggaran kamu akan membengkak hanya untuk urusan katering saja. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar pesanan katering mu tetap sesuai dengan budget.

Samakan Jumlah Katering Dengan Jumlah Tamu Yang Kamu Undang

Jika kamu mengundang tamu sebanyak 800 orang, cukup sediakan makanan sebanyak 800 orang, tidak perlu dilebihkan. Ingat! tidak semua tamu undangan mu hadir ke pesta pernikahan kamu, sekitar 10%-25% tamu undangan tidak bisa hadir karena sesuatu hal seperti sakit, cuaca atau bisa saja pesta pernikahan kamu berbarengan dengan pesta pernikahan lainnya.

Batasi Jumlah Gubukan

Mencicipi setiap gubukan sudah menjadi hal yang biasa dari setiap tamu. Menyajikan menu gubukan yang berbeda-beda sama saja memberikan kesempatan tamu kamu untuk mencicipi semua menu yang sediakan. Dari pada kamu menambah gubukan lebih baik kamu menambah jumlah porsi dari tiap gubukan, karena hampir tidak mungkin tamu akan mencicipi menu yang sama.

Porsi Buffet Utama Harus Lebih Besar Dari Jumlah Gubukan

Biasanya menu gubukan akan lebih cepat habis di awal mulai pesta pernikahan, buffet utama adalah kunci agar tamu yang hadir di saat terakhir tetap bisa menikmati hidangan yang kamu sediakan.

Pilih Menu-Menu Yang Mudah Untuk di Makan

Setiap hidangan yang kamu sajikan adalah untuk tamu kamu, bukan untuk kamu. Jadi pilihlah menu-menu sesuai dengan kesukaan tamu kamu, karena tamu kadang hanya semangat untuk mengambil makanan, saat di cicipi tidak selera, hidangan kamu akan menjadi mubajir. Sayang-kan makanan yang sudah kamu pesan terbuang begitu saja.

Mintalah Pihak Katering Untuk Mengatur Jumlah Makanan Tiap Porsinya

Kamu dapat meminta bantuan kepada pihak katering untuk membagi dua menu makanan yang terlalu besar. Seperti halnya cordon blue, bisa saja kamu minta 1 porsi di bagi menjadi 2 porsi. Lebih baik tamu kamu menambah sendiri jika kurang, daripada hanya makan separuh saja dan sisanya terbuang.

Selamat mengatur porsi katering yah !


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.