Menentukan Tanggal Baik untuk Pernikahan? Perlukah?

Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Tanggal Baik untuk Pernikahan

Pernikahan adalah fase penting dalam kehidupan manusia. Pasangan yang telah memutuskan untuk menjalani sebuah pernikahan berarti telah siap untuk mengarungi bahtera kehidupan baru yang tentunya akan lebih sulit dan banyak tantangan. Oleh karena itu saat akan melakukan pernikahan dibutuhkan banyak pertimbangan. Salah satunya adalah menentukan tanggal baik untuk pernikahan.

Untuk menentukan tanggal pernikahan, tidak mungkin dilakukan sendiri harus melibatkan orang lain yakni orang tua dan juga keluarga besar. Sebab akan banyak pertimbangan sebelum memutuskan tanggal berapakah sebuah pernikahan bisa dilangsungkan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menentukan tanggal pernikahan:

  • Tentukan Tanggal Alternatif

Saat menentukan tanggal pernikahan yang sebaiknya dilakukan adalah tidak hanya menentukan satu tanggal saja. Sebisa mungkin tentukan tanggal alternatif untuk menghindari jika pada tanggal pertama yang diajukan banyak keluarga yang tidak bisa hadir. Sangat disayangkan bukan jika pada hari yang bahagia banyak anggota keluarga yang tidak bisa hadir karena tanggal yang bentrok dengan acara lain.

  • Bukan Hari yang Dianggap Buruk

Sebagian masyarakat kita masih mempercayai beberapa mitos tentang hari tertentu. Hal itu pun akhirnya menjadi pertimbangan dalam menentukan tanggal untuk pernikahan. Meskipun Anda sendiri tidak percaya, tetap harus menghormati keyakinan dari orang tua atau keluarga besar. Jadi ketika memutuskan mengambil tanggal pernikahan, janganlah mengambil hari yang dianggap buruk bagi kalangan tertentu.

  • Tidak Bertepatan dengan Momen Buruk

Untuk menentukan tanggal baik sebuah pernikahan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah tidak bertepatan dengan momen sedih bagi keluarga Anda. Misalnya saja pada tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan kematian atau kejadian tidak mengenakkan lainnya yang dapat membuat sedih keluarga.

  • Bersamaan dengan Hari Libur

Tanggal yang baik untuk melangsungkan pernikahan ada baiknya bersamaan dengan hari libur. Hal ini dikarenakan banyak teman atau keluarga Anda yang kemungkinan besar bisa datang pada pernikahan Anda. Begitu juga dengan kerabat dan teman yang jauh pun bisa datang.

  • Jangka Waktu Panjang

Yang dimaksud dengan jangka waktu yang panjang di sini adalah jarak antara penentuan tanggal dan pelaksanaan pernikahan terdapat jeda waktu yang cukup untuk mempersiapkan semua hal yang berhubungan dengan pernikahan. Calon pasangan pengantin pasti ingin pernikahannya menjadi hari yang bahagia dan berkesan. Bukan hanya untuk dirinya saja, tapi untuk semua undangan. Berharap akan meninggalkan kesan yang menyenangkan. Dan Jangka yang ideal adalah sekitar satu atau dua bulan.

Ternyata banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan sebuah pernikahan. Bukan untuk mempersulit proses pernikahan itu sendiri, tapi hal tersebut bertujuan agar pernikahan yang dilakukan tidak bertentangan dengan mitos yang diyakini dan juga tidak menimbulkan pertentangan dalam keluarga.

Menentukan tanggal baik untuk pernikahan, memang tidak harus berpedoman pada keyakinan  tertentu. Karena semua tanggal, hari dan bulan semuanya pasti baik. Tetapi alangkah baiknya jika Anda melibatkan keluarga besar yang mungkin mempunyai pandangan yang berbeda. Ingat bahwa pernikahan bukan hanya penyatuan dua pasangan saja, tapi juga keluarga besar. Dan jika tanggal yang Anda inginkan tidak sesuai maka Anda harus berlapang dada dan bisa menghormati. Semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi Anda yang tengah menyiapkan sebuah pernikahan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.