Mau Lamaran? 7 Persiapan Lamaran Ini Penting Bagi Anda

Persiapan Lamaran yang Harus Diperhatikan

Persiapan lamaran, semua orang yang pernah menikah pasti pernah merasakan momen yang satu ini. Momen yang tidak akan pernah dilupakan seumur hidup. Sebab lamaran adalah pintu gerbang untuk masuk ke jenjang pernikahan.

Namun, untuk acara lamaran harus disiapkan dengan matang agar acara bisa berjalan lancar dan tidak mengecewakan. Lantas hal penting apa yang harus disiapkan untuk acara lamaran ini? Berikut ini adalah rangkumannya;

Dana

Untuk sebuah acara pastilah dibutuhkan dana untuk segala macam keperluan. Begitu juga untuk persiapan lamaran. Bagi Anda yang tengah merencanakan acara ini, pastikan telah ada dana yang cukup untuk melaksanakan acara. Acara lamaran tidak harus mewah hingga keluar banyak dana. Yang penting sacral dan kedua keluarga bahagia.

Tanggal Lamaran

Setelah melakukan lamaran tidak resmi dengan mendatangi pihak keluarga perempuan, biasanya setelah itu akan ditentukan tanggal kapan akan melakukan lamaran secara resmi. Tanggal ini sesuai dengan kesepakatan kedua pihak keluarga. Bagi yang masih percaya dengan mitos Jawa biasanya aka nada perhitungan hari yang baik untuk tanggal lamaran ini. Semacam primbon Jawa.

Cincin

Tidak semua acara lamaran akan melalukan tukar cincin. Namun, sebagian besar melakukan acara ini. Jadi cincin juga sangat penting untuk disiapkan pada saat hari lamaran. Cincin ini akan disematkan Ibu dari pihak laki-laki kepada calon pengantin. Terkadang ada juga yang menyiapkan satu set perhiasan untu pihak perempuan.

Seserahan

Selain menyiapkan cincin, untuk acara lamaran harus menyiapkan beberapa macam seserahan. Misalnya pakaian, sepatu, tas, kosmetik dan perlengkapan lain untuk pihak perempuan. Ada lagi seserahan yang harus dipersiapkan yaitu makanan. Ada banyak jenis makanan yang harus disiapkan tergantung adat dan tradisi masing-masing.

Rangkaian Acara

Acara lamaran pastinya aka nada serangkaian acara yang harus dilalui. Ini juga harus disiapkan dengan matang dan harus berkoordinasi dengan pihak perempuan agar tidak terjadi miss komunikasi. Rangkain itu bisa berupa penyambutan dari pihak perempuan saat keluarga besar pihak laki-laki datang.

Acara berlanjut dengan menyampaikan maksud kedatangan yang masuk dalam acara inti, penerimaan dari pihak perempuan hingga acara ramah tamah.

Rombongan Keluarga

Meskipun bukan hal yang penting persiapan ini juga layak untuk diperhatikan. Tidak mungkin acara lamaran hanya dihadiri dua tiga orang saja. Pastinya akan melibatkan keluarga besar. Ada juga acara lamaran yang mengikutsertakan teman dekat dalam rombongan yang ikut datang ke pihak perempuan.

Mental dan Psikologis

Sebelum menyiapkan hal-hal tersebut diatas, yang tidak boleh dilupakan oleh kedua pihak adalah kesiapan mental dan psikologis. Apakah dengan mengadakan acara lamaran kedua pihak telah siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pernikahan.

Mengingat pernikahan adalah lembaran awal dan bukan akhir dari sebuah hubungan. Butuh banyak persiapan psikologis untuk menghadapi setiap masalah yang nantinya akan menghadang di depan.

Persiapan lamaran telah beres dan tidak ada kendala. Begitu acara lamaran telah usai bukan berarti pekerjaan telah usai juga. Masih ada persiapan pernikahan yang harus disiapkan. Nah, persiapan pernikahan ini akan lebih rumit, banyak hal yang harus disiapkan dan melibatkan banyak orang.

Sebisa mungkin sebelum melakukan lamaran ada baiknya juga telah memikirkan bagaimana konsep pernikahan nanti. Bagi yang belum punya pandangan, jangan lewatkan artikel berikutnya yang akan membedah persiapan pernikahan dengan komplit!.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.