Macam-Macam Seserahan untuk Pernikahan

Ini Macam-Macam Seserahan untuk Pernikahan

Apa saja macam-macam seserahan yang harus dibawa saat lamaran? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh calon mempelai pria yang hendak melamar pujaan hati. Seserahan sendiri merupakan barang yang dibawa untuk mempelai wanita dari pihak pria sebagai simbol kehidupan bersama.

Kendati demikian, seserahan tidak hanya diberi untuk mempelai wanita. Terdapat seserahan yang diberikan oleh pihak wanita kepada pihak pria sebagai simbol kekeluargaan. Namun, seserahan untuk pria dari keluarga wanita tidaklah wajib sebagaimana seserahan dari pihak pria untuk wanita.

Lantas, apa saja sebenarnya jenis seserahan yang umum dibawa ketika lamaran atau saat hari pernikahan? Berikut uraiannya.

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah ditunjukkan agar pasangan Anda dapat menjadi seorang istri teladan dan kelak seorang ibu yang dekat dengan Tuhannya. Umumnya, kotak hantaran ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan pasangan.

Sebagai contoh, jika pasangan Anda seorang muslim, maka barang-barang yang sering diberikan adalah seperangkat alat salat dan Al-Qur’an.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi diberikan untuk calon mempelai wanita sebagai bentuk penghargaan diri. Perlengkapan mandi ini mencakup handuk, sabun, sampo, kondisioner, shower puff, produk perawatan tubuh, lulur, dan parfum.

Pakaian Dalam

Pakaian dalam merupakan benda yang wajib Anda berikan pada pasangan. Isinya sendiri bervariasi, tetapi umumnya setiap kotak hantaran harus terisikan satu set pakaian dalam, baju tidur, dan lingerie.

Jika Anda merasa kesulitan menentukan barang yang tepat, ajaklah pasangan untuk memilih pakaian dalam yang disukainya.  

Perlengkapan Makeup

Seorang wanita tidak lepas dari alat makeup. Perlengkapan ini dapat digunakan untuk harian maupun keperluan khusus, seperti saat menghadiri acara penting. Di pasaran terdapat beragam jenis produk kecantikan yang dapat Anda pilih.

Ada baiknya untuk mencatat produk makeup yang biasa digunakan pasangan Anda atau jika memungkinkan ajak pasangan untuk memilihnya sendiri.

Perhiasan

Tak banyak yang tahu bahwa perhiasan dalam seserahan bermakna sebagai sinar dan pengharapan. Perhiasan untuk seserahan dapat Anda sesuaikan dengan budget. Oleh karena itu sangat penting untuk membicarakan masalah ini dengan calon mempelai wanita.

Umumnya, perhiasan yang sering dijadikan seserahan, seperti gelang, kalung, cincin, dan liontin.

Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta memiliki variasi yang beragam, mulai dari sepatu hak tinggi, gaun, jam tangan, kebaya, hingga gaun pesta.

Makanan dan Buah-buahan

Seserahan tidak lengkap tanpa kotak makanan dan buah-buahan. Dalam tradisi Betawi, hantaran kue buaya wajib dipenuhi sebagai simbol pembuka sehingga kehidupan baru Anda dan pasangan selalu dalam keadaan yang baik dan manis layaknya buah-buahan yang Anda beri.

Berapa banyak kotak seserahan yang perlu disiapkan? Jawabannya tergantung kebutuhan karena dapat menyesuaikan situasi yang berlangsung. Meskipun demikian, banyak di antara pria yang mempersiapkan kotak hantaran dalam bilangan ganjil, mengikuti tradisi Jawa, seperti 5, 7, 9, dan 11 kotak.

Sementara mengenai isi hantaran tidak diwajibkan untuk serupa dengan contoh rujukan. Hal yang paling utama adalah bahwa setiap kotak hantaran berisikan barang kebutuhan calon mempelai wanita. Pasalnya, hantaran merupakan simbol atau bekal wanita di kehidupan setelah pernikahan kelak.

Bagi mempelai wanita, jangan ragu untuk memberikan masukan pada pasangan mengenai seserahan atau justru memintanya langsung. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari salah beli. Barang seserahan Anda pun akan jauh lebih bermanfaat.Demikianlah informasi mengenai hantaran dan macam-macam seserahan yang harus Anda persiapkan untuk mempelai wanita. Suka dengan artikel ini? Yuk, bagikan!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.