Macam-Macam Seserahan Adat Sunda

Hendak Nikahi Gadis Sunda? Ini Macam-Macam Seserahan yang Harus Anda Siapkan

Seserahan dalam adat Sunda merupakan acara yang penting bagi kedua mempelai. Prosesi seserahan ini umumnya dilakukan beberapa waktu sebelum pernikahan dilangsungkan atau pada saat lamaran. Pihak pria membawa macam-macam seserahan untuk calon pengantin wanita.

Dalam prosesi ini, pihak pria datang bersama keluarga dan sanak saudara untuk menyampaikan niatnya meminang calon mempelai wanita. Dalam adat Sunda, prosesi ini dinamakan sebagai neundeun omong. Penyampaian lamaran diwakilkan oleh orang yang lebih tua.

Setelah prosesi tersebut dilewati, barulah proses lamaran dilakukan. Jika biasanya dalam acara biasa proses lamaran disimbolkan dengan pertukaran cincin, lain halnya dengan adat Sunda. Seserahan yang dibawa itulah pengikat antara calon mempelai pria dengan mempelai wanita.

Jika seserahan yang dibawa calon mempelai pria diterima oleh pihak wanita, maka acara pertunangan dapat dilangsungkan. Biasanya, acara ini dilakukan sekitar tiga hingga tujuh hari jelang pernikahan, bukan di hari pernikahan.

Jenis Barang yang Harus Disiapkan untuk Mempelai Wanita

Berbicara mengenai seserahan, artinya Anda harus mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan oleh mempelai wanita. Kini, tak sedikit pria yang memberikan kebebasan pada calon mempelai wanita untuk memilih barang yang diinginkannya.

Alasannya sederhana, yakni untuk menghindari salah beli atau tidak sesuai dengan selera calon mempelai wanita.

Nah, lantas apa saja kotak hantaran dalam adat Sunda yang wajib dipenuhi calon mempelai pria? Berikut uraiannya.

Kain batik dan kebaya

Kotak seserahan harus berisi kain batik berbentuk rok dan kebaya yang terbuat dari brukat.

Perlengkapan ibadah

Kotak selanjutnya harus berisikan perlengkapan ibadah. Untuk calon mempelai muslim hendaknya menyertakan perlengkapan ibadah, seperti mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur’an.

Pakaian dan alas kaki

Kotak seserahan selanjutnya dapat diisi dengan pakaian formal beserta alas kaki, seperti sandal atau sepatu.

Perlengkapan mandi

Kotak selanjutnya berisikan alat dan perlengkapan kamar mandi, seperti sabun mandi, sampo, lulur, pembersih wajah, handuk atau jas mandi. Perlengkapan mandi memiliki makna agar calon mempelai wanita dapat menjaga kebersihan diri dan keluarganya setelah menikah.

Perlengkapan make up

Kotak selanjutnya biasa berisikan perlengkapan makeup, seperti bedak wajah, foundation, pensil alis, maskara, lipstik, hingga cat kuku. Konon pemberian perlengkapan makeup bertujuan agar calon mempelai wanita selalu menjaga kecantikannya untuk sang suami dan teguh pendirian dalam situasi apa pun.

Pastikan agar makeup yang Anda berikan sesuai dengan makeup yang biasa digunakan oleh pasangan Anda. Tanyakan lebih dulu merek yang biasa digunakannya.

Pakaian dalam dan baju tidur

Biasanya, pakaian dalam ini selalu dikemas dalam bentuk menarik. Isinya berupa celana dalam, bra, lingeri, dan baju tidur.

Beragam kue dan buah

Selain benda dan peralatan lainnya, satu kotak seserahan lainnya harus berisikan kue dan buah. Biasanya, kue basah, kue kering, dan camilan khas Sunda merupakan jenis yang paling sering dijadikan sebagai seserahan.

Sementara untuk buah-buahan Anda dapat memilih apa saja, selama buah tersebut tidak mudah busuk, segar, dan dapat dikemas dengan mudah.

Perhiasan

Satu lagi kotak seserahan yang harus Anda siapkan, yakni kotak perhiasan. Perhiasan ini dapat berupa emas putih, emas, ataupun barang berharga lain yang nilainya setara atau lebih tinggi. Adapun perhiasan umum yang kerap digunakan adalah kalung, cincin, gelang, liontin, dan cincin. Demikianlah informasi mengenai macam-macam seserahan dalam adat Sunda yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Menyukai artikel ini? Jangan lupa bagikan ya!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.