Ternyata Kamu Tidak Boleh Menikah Pada Waktu Ini

Melakukan pernikahan nyatanya memerlukan perhitungan terlebih dahulu untuk menentukan hari baik untuk pernikahan. Biasanya orang – orang menggunakan primbon Jawa sebagai acuan penghitungan hari dan tanggal, karena biasanya dalam primbon tersebut juga akan menjelaskan secara rinci mengapa harus memilih hari dan tanggal yang demikian.

Melakukan prosesi nikahan adalah acara yang cukup sakral sehingga tentu pastinya membutuhkan segala hal yang telah disiapkan dengan matang. Selain hal – hal teknis tadi, ternyata menyiapkan hari baik untuk pernikahan merupakan hal yang tidak boleh ditentukan dengan cara yang sembarangan. Umumnya masyarakat Jawa menentukan hari – hari tersebut dengan perhitungan tertentu.

Mengapa demikian? Karena hari pernikahan yang akan kamu pilih dipercaya nantinya akan memberikan pengaruh terhadap hubunganmu dan istrimu ke depannya. Jadi mereka selalu menentukan hari terbaik untuk persiapan nikah di musim hujan dengan cara menghitung neptu hingga weton dari kedua orang pasangan tersebut.

Maka dari itu, tentu kamu ingin tahu mengenai cara melakukan penghitungan terhadap hal ini. Berikut kami akan memberikan rangkuman untukmu mengenai hal tersebut, mungkin kamu bisa mencobanya sendiri di rumah nanti.

Cara Menghitung Hari Baik Menurut Primbon Jawa :

Melakukan Cek Weton

Weton adalah hari kelahiran yang bisanya dihitung menggunakan penanggalan masehi, karena di dalam penanggalan tersebut terdiri dari tujuh hari yaitu dari hari senin hingga hari minggu. Sedangkan pasaran pada penanggalan Jawa sendiri memiliki lima yang terdiri dari pahing, wage, pon, legi, dan kliwon. Caranya mudah, yaitu hanya dengan mengecek wetonmu terlebih dahulu baru mengecek weton milik pasanganmu.

Menghitung Neptu

Biasanya sebelum melakukan persiapan nikah di musim hujan, orang – orang menggunakan penghitungan neptu terlebih dahulu. Neptu sendiri adalah angka yang muncul dari penjumlahan angka pada penghitungan weton yang mana memiliki arti nilai pada masing – masing harinya.

Umumnya hari – hari pasaran telah mempunyai jumlah sendiri – sendiri, namun dari itu kamu memerlukan penghitungan terhadap keduanya jika ingin mendapatkan nilai neptu dari hari lahirmu dan pasanganmu.

Menjumlahkan Neptumu Dan Pasangan

Jika kamu telah memperoleh neptu yang telah kamu temukan nilainya, maka langkah selanjutnya adalah menjumlahkan neptumu dan juga pasanganmu. Cara ini juga bisa menentukan hari baik untuk pernikahan, jika neptumu ditemukan dengan nilai 10 sedangkan pasanganmu adalah 11 maka jumlah neptu kalian adalah 21.

Menentukan Hari Untuk Menikah

Setelah kamu melakukan penjumlahan seperti di langkah sebelumnya, maka kemudian kamu bisa melakukan penghitungan. Jika jumlah neptu kalian berdua adalah 30, maka hari yang sekiranya cocok untuk melakukan persiapan nikah di musim hujan yaitu jatuh pada hari Sabtu Pahing, Senin Pahing, Minggu Kliwon, dan Jumat Pon.

Demikian informasi mengenai cara menghitung hari baik untuk pernikahan menurut primbon Jawa, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah untuk nantinya menentukan hari pernikahanmu dengan pasangan. Supaya langkah kalian berdua ke depannya ketika berumah tangga menghasilkan sesuatu yang sebagaimana kalian cita – citakan. Semoga bermanfaat.


Posted

in

,

by

Tags: