Lakukan Tips Menabung Pernikahan Berikut

7 Tips Menabung Pernikahan di Tahun 2020 Bersama Pasangan

Tahun 2020 sudah di depan mata! Buat Anda yang memiliki target untuk menikah di tahun 2020 tentu sudah mempunyai persiapan matang dan dana yang tidak sedikit. Itu sebabnya penting bagi Anda menabung mulai dari sekarang. Anda bisa menerapkan 7 tips menabung pernikahan paling jitu berikut ini untuk mewujudkan impian Anda tersebut. 

Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan target yang ingin dicapai. Ini diperlukan agar tujuan dari menabung jadi lebih terarah. Misalnya saja berapa jumlah dana yang ingin dicapai, dana tersebut akan digunakan untuk apa saja, berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulannya, dan sebagainya. Dengan target yang pasti akan membuat Anda lebih semangat lagi dalam mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

Siapkan Tabungan Bersama dan Sisihkan 20% Gaji

Setelah memiliki target, langkah berikutnya adalah membuka tabungan bersama sebagai wadah untuk mengumpulkan dana pernikahan Anda. Sisihkan minimal 20% dari gaji yang Anda peroleh sebagai modal untuk menikah. Akan lebih baik lagi jika pasangan Anda juga memiliki pekerjaan sehingga dana pernikahan tersebut akan lebih cepat terkumpul.

Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Hemat

Sudah saatnya Anda untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat. Kurangi jadwal kencan keluar kota, ke pusat perbelanjaan, nonton atau makan di restoran yang mahal. Sebagai gantinya, Anda bisa menonton film di ruang TV bersama, masak bersama atau kencan sambil ngobrol membahas hal-hal yang diperlukan untuk acara pernikahan tersebut. Misalnya souvenir, pemilihan lokasi pernikahan, menu makanan dan lain sebagainya.  

Gunakan Biaya Kencan Akhir Pekan untuk Beli Seserahan

Gunakan dana kencan tersebut untuk membeli seserahan. Mencari seserahan juga tidak harus berkeliling toko, Anda bisa menggunakan smartphone dan koneksi internet mencari seserahan yang cocok. 

Buat daftar seserahan apa saja yang akan dibeli dan carilah toko online yang menjual dengan harga paling murah. Anda juga tidak harus membelinya sekaligus, tapi cicil satu persatu sesuai dana yang dimiliki. Untuk menghias barang seserahan tersebut Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman. 

Atur Keuangan dengan Cermat

Menikah itu butuh dana yang lumayan besar. Untuk itu, atur keuangan Anda dan pasangan dengan cermat. Hitung semua pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan, kurangi pos-pos pengeluaran yang tidak terlalu mendesak seperti ke salon, beli baju baru dan lain-lain. Setidaknya, dengan cara ini Anda sekaligus belajar cara mengatur keuangan saat sudah menikah nanti.

Menabung melalui Investasi

Mengumpulkan dana dari hasil gaji mungkin tidak akan cukup untuk biaya pernikahan. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih jenis investasi yang aman dan menguntungkan. Misalnya membuka tabungan deposito jangka panjang, membeli emas, dan investasi jenis lainnya. Anda bisa berdiskusi bersama pasangan sebelum memutuskan jenis investasi yang akan dipilih.

Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Jika anda memiliki tagihan rutin, bayarlah dengan tepat waktu. Jangan menunda pembayaran angsuran yang sudah jatuh tempo dengan berbagai alasan. Karena semakin Anda menundanya semakin besar denda yang harus Anda bayar. Dengan cara ini uang Anda tidak terbuang percuma untuk membayar denda tersebut. 

Pernikahan merupakan momen terindah yang tidak bisa dilupakan. Anda bisa mewujudkan hal ini di tahun 2020 dengan menerapkan 7 tips menabung pernikahan bersama pasangan terkasih Anda. 


Posted

in

by