Cara Mengatur Keuangan Sebelum Menikah

Tahukah Anda bahwa cara mengatur keuangan sebelum menikah harus dilakukan oleh para calon pasangan suami istri ? Hal tersebut dilakukan agar dapat mencapai tujuan finansial dan mencegah konflik dalam rumah tangga. Bukan hanya kesiapan mental, setiap pasangan juga harus siap dengan urusan finansial, mengingat biaya ketika melangsungkan pesta pernikahan juga tidak murah. 

Ada banyak hal yang harus dibiayai, mulai dari catering, dokumentasi, make up, wedding organizer dll. Agar seluruh kebutuhan dalam mengatur keuangan sebelum  menikah ini terpenuhi dengan baik, tidak ada salahnya untuk mengikuti cara yang ada di bawah ini.

Melunasi Hutang Sebelum Menikah 

Ketika mempunyai hutang, Anda bukan hanya akan membayar jumlah cicilan hutangnya di setiap bulannya tetapi juga bunganya, belum lagi biaya denda bila membayar melewati batas jatuh temponya. Cara mengatur keuangan sebelum menikah adalah dengan menghindari kebiasaan menunda-nunda pembayaran yang bisa memperlambat proses pelunasan hutang tersebut. Jika gajian sudah tiba segera pisahkan jumlah uang sesuai hutang yang dimiliki supaya tidak lupa untuk membayar hutang.

Menentukan Target Tabungan yang Mau Dicapai 

Sebelum Anda menabung, coba tentukan target tabungan yang ingin Anda capai supaya kondisi finansial yang dimiliki semakin terarah. Misalnya dalam waktu satu tahun jumlah tabungan sudah harus bisa terkumpul berapa juta.

Jika Anda memiliki target yang tepat bisa memudahkan seseorang untuk memiliki gaya hidup yang hemat, sehingga biaya melangsungkan pernikahan bisa cepat terkumpul dan kondisi keuangan setelah menikah tetap aman. Lakukan diskusi bersama pasangan terkait dengan perkiraan kapan tanggal dan bulan melangsungkan pernikahan supaya dapat mengetahui jumlah uang yang harus ditabung pada setiap bulannya.

Kurangi Pengeluaran Sehari – hari 

Selain tabungan untuk persiapan keuangan sebelum menikah, kamu juga harus memikirkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti biaya makan, listrik, internet, sampai cicilan yang dimiliki. Mengingat pos pengeluaran pada setiap bulannya ini sangat beragam, kontrol di setiap pos pengeluaran secara tepat. 

Tekan pengeluarannya dengan cara yang lebih wajar. Jangan sampai nantinya mendapatkan kesan yang kikir atau pelit sehingga menyiksa diri sendiri. Jika ingin makan di luar, dapat dilakukan asalkan jangan terlalu sering. Agar penghematan yang Anda lakukan berjalan sukses , Anda juga dapat memanfaatkan promo-promo yang umumnya diberikan oleh berbagai e-wallet seperti dana, ovo, go-pay dll.

Bagi Anda dan pasangan yang sedang mencari cara mengatur keuangan sebelum menikah memang tidak mudah di setiap prosesnya. Sebab akan ada banyak sekali rintangan yang bisa saja merusak rencana Anda tersebut. Namun, bila Anda beserta pasangan sudah siap lahir dan batin untuk melangsungkan pernikahan, pastinya rencana tersebut akan mudah untuk dilalui. Tetaplah fokus dan disiplin untuk melakukan berbagai cara yang ada di atas agar pernikahan dan jangan lupa persiapkan asuransi kesehatan satu premi untuk satu keluarga.


Posted

in

,

by

Tags: