Kapan Waktu yang Tepat untuk Vaksin Nikah ?

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Vaksin Nikah

Bagi Anda yang akan melangsungkan pernikahan dan berencana melakukan vaksin nikah mungkin masih bingung kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksin. Untuk itu, agar jadwal vaksin Anda sesuai dengan anjuran kesehatan, sebaiknya Anda memperhatikan waktu vaksin pra nikah.

Pasalnya, setiap jenis vaksin pra nikah memiliki jadwal dan tahapan vaksin yang berbeda-beda. Inilah rincian detail waktu yang tepat untuk melakukan vaksin pra nikah berdasarkan jenis vaksin pra nikah:

Jadwal Vaksin Pra Nikah Catin atau Vaksin Tetanus

Vaksin tetanus atau lebih dikenal dengan vaksin catin (calon pengantin) ini diwajibkan untuk calon pengantin dan ibu yang sedang hamil dengan usia kehamilan 5 sampai 6 bulan. Ketika wanita hamil dianjurkan melakukan vaksin ini sebanyak 2 kali.

Sementara jadwal vaksin bagi calon pengantin dianjurkan minimal sebulan sebelum pernikahan sebanyak 5 kali dengan beberapa tahapan, diantaranya:

Tahapan untuk TT1

Untuk jadwal tahapan TT1 ini sebaiknya dilakukan minimal 2 minggu menjelang pernikahan. Fungsi pemberian TT1 2 minggu sebelum pernikahan yaitu agar tubuh memiliki waktu dalam membentuk antibodi.

Tahapan untuk TT2

Sementara untuk pemberian vaksin TT 2 dapat dilakukan satu bulan setelah melakukan vaksin TT1. 

Sedangkan fungsi vaksin TT 2 sendiri untuk melindungi tubuh secara efektif selama 3 tahun ke depan.

Tahapan TT3

Selanjutnya untuk pemberian vaksin TT 3 dapat dilakukan setelah 6 bulan melakukan vaksin TT 2.  Tujuan vaksin TT 3 untuk melindungi tubuh Anda selama 5 tahun ke depan.

Tahapan TT4

Apabila Anda telah sampai ke tahapan vaksin TT3, selanjutnya Anda bisa melakukan vaksin TT4 dengan jarak waktu antara TT3 selama 12 bulan. Vaksin TT4 ini bisa melindungi tubuh Anda hingga 10 tahun ke depan.

Tahapan TT5

Dan tahapan terakhir yaitu tahapan TT5, jarak waktu pemberian vaksin TT4 ke TT5 yaitu 12 bulan. Fungsi dari vaksin TT5 ini yaitu dapat melindungi tubuh Anda hingga 25 tahun mendatang.

Jadwal Vaksin HPV (Human Papilloma Virus)

Jenis vaksin ini bisa diberikan bagi wanita dengan rentan usia 9 tahun hingga 25 tahun. Namun, ada baiknya Anda melakukan vaksin ini menjelang pernikahan. Sementara untuk jadwal vaksin ini dilakukan 3 kali dengan 3 tahapan di bulan ke 0, bulan ke satu, dan bulan ke 6.

Jadwal Vaksin MMR

Vaksin MMR ini bisa diberikan kepada wanita menjelang pernikahan dan juga bagi anak. Bagi calon pengantin vaksin MMR ini bisa dilakukan sekali saja.

Jadwal Vaksin Varicella atau Cacar Air

Vaksin Varicella atau cacar ini juga bisa dilakukan satu kali saja menjelang pernikahan untuk mencegah terjadinya kelainan pada bayi. Pasalnya, vaksin ini tidak bisa disuntikkan ke wanita yang sedang hamil.

Jadwal Vaksin Hepatitis B

Sebelum menikah. Anda juga wajib melakukan vaksin ini untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui hubungan suami istri. Sementara jadwal vaksin ini yaitu 3 kali dengan jarak 1 dan 6 bulan. 

Suntik vaksin pertama dan kedua untuk membentuk antibodi tubuh. Sementara suntikan ketiga untuk meningkatkan antibodi.

Nah, itulah beberapa rincian jadwal atau waktu yang tepat untuk melakukan vaksin nikah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengonsultasikan hal tersebut pada dokter terlebih dahulu. Selain itu, pastikan Anda melakukan rangkaian jadwal vaksin pra nikah secara tepat demi kesehatan keluarga Anda di masa mendatang.


Posted

in

by

Tags: