Jenis Tabungan untuk Persiapan Nikah

Tips Menabung Buat Nikah dengan Tabungan Berjangka

Salah satu tips menabung buat nikah adalah menggunakan tabungan berjangka untuk persiapan pernikahan. Bagaimana jika menggunakan tabungan biasa? Jika hanya menggunakan tabungan biasa, besar kemungkinan kita akan menarik uang yang sudah ditabung, entah untuk berbelanja di akhir bulan, atau membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Apa itu Tabungan Berjangka?

Tabungan berjangka merupakan salah satu produk simpanan yang saat ini banyak dimiliki oleh lembaga perbankan. Di dalam produk ini, Anda diharuskan menyetorkan sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu, dan dalam jumlah tetap setiap bulannya. Uang yang Anda kumpulkan baru dapat diambil saat akhir periode atau saat jatuh tempo masa simpanan.

Bunga yang diberikan oleh produk ini pada dasarnya lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Ada berbagai macam keunggulan yang dimiliki tabungan berjangka dibanding dengan tabungan biasa, seperti:

  • Tidak membutuhkan setoran awal yang besar. Tabungan berjangka biasanya memiliki setoran awal kecil, bahkan ada beberapa bank yang memberikan syarat setoran awal hanya Rp 100 ribuan saja,
  • Memiliki bunga yang lebih tinggi. dibanding dengan tabungan biasa, bunga tabungan berjangka jauh lebih tinggi, sehingga dana nasabah menjadi terus berkembang,
  • Mengajarkan disiplin. Karena terdapat jangka waktu menabung yang harus ditaati oleh nasabah, sudah pasti Anda seperti diajarkan untuk lebih disiplin menabung. 

Mungkin ada sedikit pertanyaan di dalam benak Anda, bagaimana keamanan uang di dalam rekening tabungan ini? setiap jumlah simpanan dalam rekening akan dilindungi oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan dan bank yang bersangkutan. Sehingga, tabungan berjangka menjadi produk keuangan yang tidak memiliki risiko. 

Tips Menyisihkan Uang Rp 1 Juta Perbulan

Setelah memilih jenis tabungan yang tepat untuk biaya pernikahan, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mulai menyisihkan uang. Bagi Anda yang memiliki penghasilan UMK, bagaimana cara menabung Rp 1 juta per bulan? Berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti, seperti:

Gunakan alat transportasi umum

Memang, untuk terbiasa menggunakan transportasi umum terasa sulit. Apalagi jika setiap hari kita selalu menggunakan kendaraan pribadi. Namun, mulai dari sekarang pikirkan nilai nominal yang harus Anda keluarkan saat menggunakan transportasi pribadi seperti biaya parkir, uang tol dan bensin, apalagi jika terdapat kerusakan mesin yang tak terduga. Selain itu, menggunakan kendaraan pribadi biasanya membuat kita tergoda singgah ke lokasi lain sebelum sampai tujuan. Nah, untuk menghemat pengeluaran, transportasi umum dapat menjadi sebuah pilihan. 

Bawa bekal 

Kebiasaan makan siang di luar kantor sudah pasti membutuhkan biaya yang cukup besar, apalagi jika Anda tidak bisa menolak ajakan teman untuk makan di tempat yang mahal. Usahakan selalu membawa bekal minuman dan makanan sendiri saat di kantor. Kebiasaan ini dapat mengurangi pengeluaran Anda setiap hari. 

Kurangi hangout

Sebenarnya, kebiasaan hangout bersama dengan teman tidak salah, namun kebiasaan ini dapat merugikan diri sendiri bila dilakukan terlalu sering. Anda tidak perlu mengorbankan pergaulan, namun cobalah untuk lebih selektif saat hangout. Pilih tempat hangout yang tidak membutuhkan biaya besar. 
Tips menabung buat nikah di atas menjadi pilihan yang mudah dilakukan, memang untuk mengawalinya sangat tidak mudah. Namun juga bukan menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan secara konsisten. Hal yang harus diingat adalah selalu sampingkan gengsi dan hindari mengikuti gaya hidup berlebihan.


Posted

in

by

Tags: