Jangan Sampai Kurang, Inilah Tips Menghitung Katering

Pentingnya Menghitung Katering Pernikahan

Hari pernikahan tentu harus berjalan sempurna, setiap pasangan pasti ingin hal itu. Salah satu faktor berjalan sempurnanya acara adalah dengan menghitung katering pernikahan dengan cermat.  

Katering atau makanan memang unsur yang sangat penting dalam sebuah acara pernikahan. Ini akan membuat prestise Anda di hadapan para tamu terangkat jika penyajiannya sempurna. Pun sebaliknya.

Nah, bagaimana tips menghitung katering dengan jumlah tamu yang akan hadir? Berikut tipsnya!

Dua kali lipat dari jumlah undangan

Anda pasti sudah familier dengan hal yang satu ini, ya. Beberapa jasa katering akan menganjurkan Anda untuk memesan porsi makanan dua kali lipat dari jumlah tamu yang diundang.

Alasan jumlah dikali dua ini adalah estimasi tamu yang akan datang, bukan hanya tamu yang Anda undang. Jarang sekali bukan, orang yang akan menghadiri pesta pernikahan seorang diri? Minimalnya, mereka pasti membawa serta pasangan, bahkan juga keluarganya.

Karena itu, hitungan dikali dua ini sudah efisien dan tidak terlalu boros. Misal tamu yang Anda undang ada 300, maka pesanlah porsi katering sampai 600.

Jangan lupakan keluarga dan panitia

Selain tamu undangan, Anda juga tidak boleh mengabaikan kedua hal ini. Keluarga adalah orang-orang yang paling berperan dalam acara pernikahan Anda. Begitu pula dengan panitia pernikahan yang telah membantu berlangsungnya acara.

Maka, hitung dan pastikan jumlah mereka. Jangan sampai terlewat apa lagi sampai kehabisan stok makanan. Tanyakan juga pada pasangan tentang jumlah keluarganya yang akan hadir. Jika Anda menyediakan kursi khusus untuk tamu VIP, maka masukkan mereka ke dalam daftar VIP itu.

Pertimbangkan faktor ketidakhadiran tamu

Tentu, tidak semua orang yang Anda undang bisa hadir di pesta Anda, ya. Estimasikan persentase tamu yang tidak hadir itu antara 10 sampai 15 persen. Ini akan membantu Anda menentukan porsi katering yang dipesan, sehingga tidak banyak yang tersisa dan mubazir.

Misalnya, jika Anda mengundang 300 orang, maka porsi kali dua adalah 600. Nah, ambillah estimasi 10 persen tadi, menjadi:

10% x 600 = 60 porsi

Setelah mendapat hasil persenan tersebut, kini menjadi :

600 porsi – 60 porsi = 540 porsi

Nah, itulah porsi ideal untuk katering pernikahan yang sebaiknya Anda pesan. Mudah, bukan?

Hitung jumlah menu buffet dan stall

Ada dua jenis menu dalam katering di hari pernikahan Anda. Pertama menu buffet atau menu prasmanan. Menu ini biasanya berisi nasi, lauk seperti ayam, sayur, kerupuk, juga minuman. Harga menu buffet lebih terjangkau.

Kedua, menu stall atau gubugan. Nah, inilah yang akan menarik perhatian para tamu Anda. Biasanya, bermacam menu gubugan ditawarkan jasa katering, dan pilih sesuai selera dan tema pernikahan Anda. Misalnya ada siomay, bakso, bebek peking, dan sebagainya. Jumlah gubugan pun tergantung pada Anda.

Cara menghitung perbandingan menu buffet dan stall adalah 60 : 40 dari jumlah porsi yang sudah dihitung tadi, misal begini:

Buffet : 60% x 540 porsi = 324 porsi

Stall : 40% x 540 porsi = 216 porsi

Jika setiap orang diperkirakan akan mampir ke 5 gubugan, maka porsinya menjadi :

216 porsi x 5 = 1080 porsi

Itulah cara sederhana menghitung menu katering yang ideal untuk pernikahan. Sebagai catatan, gubugan atau pondokan lebih baik cukup beberapa variasi saja dengan jumlah porsi menu yang ideal. Jangan banyak sekali variasi gubugannya, namun porsi menunya sedikit-sedikit.

Nah, itu dia tips jitu menghitung katering pernikahan. Semoga bermanfaat!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.