Ingin Nikah Tahun Depan? Berikut 7 Tips Nikah Tahun Depan

7 Tips Nikah Tahun Depan yang Wajib Diketahui

Berencana untuk nikah di tahun depan? Tapi bingung bagaimana cara mempersiapkannya? Jangan khawatir. Di sini akan kami bagikan tips nikah tahun depan agar Anda matang dalam mempersiapkannya. 

Dalam pernikahan, tidak pernah ada rumus yang pasti. Yang sudah lama berhubungan bisa saja kandas di tengah jalan. Di sisi lain, ada juga yang belum lama saling mengenal kemudian menikah. Jadi, siapkan diri Anda dari sekarang. Terutama untuk Anda yang berencana menikah tahun depan. Nah, berikut akan kami paparkan apa saja tips yang perlu diketahui:

Samakan Visi Dengan Pasangan

Ketika Anda memulai suatu hubungan, cobalah duduk bersama pasangan Anda. Lakukanlah cara ini di bulan pertama Anda berhubungan. Bicarakan dengan pasangan tentang visi ke depan kalian berdua. Hubungan seperti apa yang kalian berdua inginkan. Jika sudah menemukan visi yang sama, Anda bisa melangkah ke level yang lebih serius. 

Sama-Sama Jujur

Manfaatkan setiap momen kebersamaan untuk saling mengenal. Beranikan diri Anda untuk terbuka dan sama-sama jujur. Terbukalah tentang diri kalian masing-masing apa adanya. Jangan pernah menyimpan rahasia di antara Anda dan pasangan. Kejujuran adalah fondasi yang wajib ditanamkan pada setiap hubungan.

Persiapan Finansial

Salah satu beban terberat pada proses pernikahan adalah biaya. Untuk mendapatkan kesiapan, Anda harus menabung sejak dini. Terlebih jika Anda berniat untuk menikah di tahun depan. Tentu persiapan finansial Anda harus ekstra kuat. Namun, tidak demikian bagi Anda yang mungkin sudah mempersiapkan tabungan sejak lama. Persiapan di tahun depan akan terlaksana dengan lancar.

Saling Terbuka Soal Penghasilan dan Tabungan

Karena hubungan Anda sudah di level yang serius, terbukalah soal penghasilan. Karena, keterbukaan tabungan dan penghasilan adalah bagian dari hidup bersama pasangan. Anda bersama pasangan harus siap membicarakan tentang hal ini. Jelaskanlah berapa penghasilan Anda per bulannya. Begitu juga dengan pasangan Anda. 

Terbuka juga tentang berapa tabungan yang Anda miliki. Jika tidak saling terbuka, lalu bagaimana ketika nanti Anda hidup bersama? Finansial tidak boleh dibebankan pada satu orang saja. Perkara ekonomi harus bisa ditanggung berdua sesuai dengan porsi masing-masing.

Tahu Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Terbukalah untuk saling mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa membuatnya menjadi sebuah list. Buatlah list kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lihatlah mana yang lebih panjang list-nya. Jika list kekurangan lebih panjang, apakah ada beberapa yang bisa diperbaiki? 

Hal ini untuk mengetahui seberapa jauh setiap pasangan menerima satu sama lain. Jangan sampai kelak terjadi masalah besar hanya karena ketidakcocokan. Jadi, bicarakanlah terlebih dahulu. 

Mulai Pendekatan Kepada Orangtua dan Keluarga Besar

Tahap selanjutnya yang wajib dilakukan adalah pendekatan kepada orangtua dan keluarga besar. Untuk melakukannya, cobalah memberanikan diri. Bagi yang belum terbiasa, mungkin akan sedikit canggung dan malu. Tapi, tahap ini merupakan momen untuk menunjukkan keseriusan Anda. Dekatkan diri masing-masing kepada orangtua dan keluarga besar. 

Persiapkan Pernikahan

Tahap akhir dalam persiapan menuju ke pelaminan adalah persiapan prosesi pernikahan. Tahapan ini dilakukan setelah Anda mendapatkan lampu hijau. Persiapkan diri Anda secara matang, baik mental maupun finansial. Kompaklah agar acara berlangsung dengan lancar. Di momen ini, selain mental dan finansial, Anda pun harus mempersiapkan fisik. Itulah 7 tips nikah tahun depan yang wajib diketahui. Persiapan pernikahan di atas wajib Anda ketahui jika berencana menikah di tahun depan. Selamat mencoba.


Posted

in

by