Pilih Jadi Ibu Rumah Tangga atau Berkarir?

Saat sudah memiliki anak, perempuan akan dihadapkan pada pilihan melanjutkan karir atau menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Keduanya bukanlah hal yang salah, namun melakukan keduanya juga bukan hal yang mudah untuk jalani. Keduanya memiliki kelebihan dan Kekurangannya masing-masing, anda perlu benar-benar memikirkannya sebelum memutuskan.

Antara Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir

Bagi anda yang mungkin sedang dilanda kebingungan untuk memilih, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari keduanya yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan jadi ibu rumah tangga atau berkarir.

Kelebihan Menjadi Ibu rumah tangga :

Memiliki banyak waktu bersama anak 

Ibu rumah tangga memiliki lebih banyak waktu bersama anak dan bisa melihat tumbuh kembangnya. Tidak akan ada momen berharga bersama anak yang terlewatkan karena ibu rumah tangga selalu ada disamping anak. 

Pengasuhan anak juga lebih bisa diperhatikan dibandingkan jika menitipkannya pada asisten rumah tangga atau pengasuh anak.

Memiliki waktu yang fleksibel

Ibu rumah tangga bisa mengatur sendiri waktu yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti memasak, membersihkan mencuci, merawat anak, dan lain-lain.

Ibu rumah tangga tidak perlu pusing membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus rumah sehingga memiliki waktu yang lebih fleksibel.

Kekurangan Menjadi Ibu rumah tangga

Mudah merasa bosan

Mengerjakan pekerjaan rumah yang berulang dan itu-itu saja pasti membuat orang merasa bosan, tak terkecuali ibu rumah tangga. Meski sepertinya hanya dirumah saja, namun apa yang ibu rumah tangga kerjakan bukanlah hal yang mudah. Rasa bosan ini juga sangat dekat dengan rasa stres.

Merasa kesepian 

Karena hanya dirumah saja, ibu rumah tangga sangat mungkin merasa kesepian. Mayoritas perempuan ketika sudah menjadi ibu rumah tangga tidak memiliki banyak teman lagi seperti dahulu, ini tentu membuatnya merasa kesepian. 

Kurang penghargaan 

Meskipun menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah, namun ibu rumah tangga jarang mendapatkan pengakuan dan sering dipandang sebelah mata. Ibu rumah tangga dianggap hanya bergantung pada penghasilan suami dan tidak melakukan pekerjaan apapun.

Kelebihan Menjadi Wanita karir 

Memberikan penghasilan tambahan

Menjadi wanita karir bisa membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Lebih percaya diri

Wanita karir mengalami lebih banyak masa keberhasilan dibandingkan wanita yang menjadi ibu rumah tangga, dan hal ini biasanya meningkatkan kepercayaan dirinya.

Mengaktualisasi diri

Menyalurkan kemampuan dalam pekerjaan yang disuka akan membuat orang merasa bangga akan kemampuan dirinya.

Kekurangan Menjadi Wanita karir 

  1. Kurang memiliki waktu bersama keluarga
  2. Tidak melihat tumbuh kembang anak
  3. Mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa asisten rumah tangga

Posted

in

by