Hari H Sudah Dekat? Ini Tips Menghitung Katering

Menghitung Katering Pernikahan yang Tepat

Pernikahan adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai. Semua pasangan pasti ingin hari itu berjalan sempurna. Beberapa persiapan tentu harus dicek ulang untuk memastikan seratus persen telah siap.

Satu hal yang tidak boleh luput adalah seputar katering. Pastikan Anda sudah menghitung katering pernikahan dengan benar. Jangan sampai di hari H nanti masih banyak tamu, namun makanan sudah habis.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda tentu harus memilih jasa katering pernikahan yang berkualitas. Nah, ini dia tips-tipsnya!

Survei lebih dulu

Biasanya, jasa katering sudah sepaket dengan vendor pernikahan yang lain seperti rias pengantin, dekorasi, fotografer, dan sebagainya. Namun, ada juga yang tidak sepaket atau berdiri sendiri.

Jika Anda memilih jasa katering ini, tentu pertama kali Anda harus melakukan survei terlebih dahulu. Ini penting untuk menambah keyakinan Anda pada jasa katering tersebut. Pastinya Anda tidak mau salah pilih, bukan?

Hal yang harus Anda perhatikan saat survei antara lain:

  • Pastikan jam terbang katering yang Anda pilih sudah tinggi
  • Pastikan ulasan dari klien bagus
  • Lihat bagaimana dekorasi kateringnya, sesuaikah dengan tema pernikahan Anda
  • Cek harga dan menu yang ditawarkan

Jangan buru-buru memutuskan setelah survei. Diskusikan dulu dengan keluarga dan pasangan, atau survei lagi jasa katering yang lainnya.

Buatlah janji temu

Setelah Anda lumayan mantap dari hasil survei tersebut, hubungi CP yang tertera dan buatlah janji temu. Ini penting untuk mengetahui bagaimana vendor yang akan Anda ajak bekerja sama di hari istimewa Anda.

Saat bertemu ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Bagaimana keadaan kantornya, bersih atau tidak
  • Bagaimana kinerja karyawan dan tim katering tersebut
  • Bagaimana pelayanannya terhadap Anda

Ini penting untuk diperhatikan supaya acara Anda berjalan lancar.

Amatilah menu yang ditawarkan

Satu hal yang paling penting dan inti dari katering pernikahan adalah menunya. Anda pasti sudah punya gambaran menu tersendiri dan sesuai tema acara, bukan? Karenanya, mengamati menu apa yang menjadi andalan dari vendor katering sangat penting.

Umpamanya, menu andalan vendor A adalah Selat Solo. Anda bisa menyimpulkan bahwa vendor tersebut piawai mengolah makanan khas Indonesia. Sebaliknya, jika menu andalan yang ditawarkan misal Bebek Peking, maka Anda juga tahu bahwa vendor tersebut lebih pada makanan western.

Kalau begini, Anda jadi lebih mudah memilih dan menyesuaikan dengan tema acara pernikahan Anda. Jangan sampai tidak teliti sehingga pada hari H ada ketidakcocokan menu dengan tema acara, ya.

Tanyakan jumlah pegawai

Ini juga penting untuk kelancaran berlangsungnya acara Anda. Pastikan jumlah pegawai katering mencukupi dan tidak membiarkan para tamu terlantar. Tanyakan juga sistem kerja mereka supaya Anda semakin lega dan percaya.

Jangan lewatkan test food

Test food menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan bersama vendor katering. Dengan ini, Anda akan tahu bagaimana kualitas rasa masakan vendor tersebut. Jangan sampai memilih katering tanpa Anda tahu dulu bagaimana kualitas rasa masakannya, ya. Bisa-bisa Anda menyesal di akhir dan malu pada para tamu.

Negosiasi harga

Pastikan vendor katering yang Anda pilih sesuai antara harga dan menu yang ditawarkannya. Syukur-syukur jika mau memberi tambahan menu, diskon, atau negosiasi harga karena pemesanan Anda yang banyak.

Itu dia tips memilih dan menghitung katering pernikahan untuk lancarnya hari bahagia Anda. Semoga bermanfaat!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.