Cara Menghitung Budget Catering Pernikahan

Tips Menghitung Budget Catering sebagai Persiapan Pernikahan

Catering menjadi salah satu persiapan pernikahan yang harus diperhatikan agar tidak mengecewakan para tamu undangan. Berbagai jenis makanan bisa kita pilih sebagai hidangan bagi para tamu undangan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Catering juga menjadi salah satu persiapan yang membutuhkan banyak budget, bahkan bisa dikatakan budget paling tinggi. Oleh karena itu, kita harus bisa memperhitungkannya dengan baik agar tidak sisa banyak ataupun kurang.

Berikut ini adalah beberapa cara dalam mempersiapkan catering dengan budget yang tepat:

Siapkan anggaran untuk catering

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memesan catering adalah menentukan anggaran untuk catering. Catering bukanlah satu-satunya kebutuhan yang memerlukan budget tertentu. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan kebutuhan yang lain juga. Sebelumnya, Anda harus memperkirakan jumlah tamu yang akan hadir dan berapa budget untuk satu tamunya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan anggaran yang tepat untuk keperluan catering.

Perhitungan catering yang dikalikan 2

Semakin banyak jumlah tamu yang Anda undang, maka semakin banyak pula porsi catering yang harus Anda siapkan. Namun, satu undangan biasanya tidak hanya mendatangkan satu tamu saja, tapi lebih, karena bisa jadi mereka mengajak suami atau istri, anak, pacar atau teman. Jadi, Anda juga harus mempersiapkan hal tersebut.

Pada umumnya, untuk orang Jawa dan Sunda, jumlah porsi yang dipesan adalah jumlah undangan dikalikan 2. Misalnya, udangan yang disebar adalah 400, maka catering yang dipesan adalah 800 porsi. Berbeda lagi dengan budaya di daerah Sumatra yang biasanya bukan dikalikan 2, melainkan 4.

Tambahkan dengan jumlah panitia dan keluarga

Keluarga dan panitia mungkin tidak mendapatkan undangan, tapi Anda juga harus tetap memberikan catering pada mereka. Jadi, hitunglah jumlah panitia dan keluarga yang tidak mendapatkan undangan. Setelah itu, tambahkan pada jumlah pemesanan catering. Perhitungan sebelumnya menghasilkan angka 800, maka jika diperkirakan jumlah panitia dan keluarga ada 300, maka Anda harus menambahkannya menjadi 1.100 porsi catering.

Apabila budget yang dimiliki cukup besar atau masih tersedia, tidak ada salahnya Anda menambahkan jumlah porsi apabila terjadi hal-hal diluar perkiraan.

Menekan biaya pengeluaran dengan faktor ketidakhadiran

Persiapan pernikahan yang banyak membuat pengeluaran pun juga semakin banyak. Apabila budget kita terbatas untuk catering ini, kita bisa mengurangi jumlah porsinya sebesar 10%. Misalnya saja kita dapat 1.100 porsi dan kemudian dikurangi 10%, maka didapatkan angka 990 porsi.

Pengurangan jumlah porsi ini dikarenakan tidak mungkin jika semua undangan bisa datang. Beberapa tamu undangan mungkin ada keperluan lain sehingga tidak bisa datang. Faktor ketidakhadiran inilah yang dapat mengurangi biaya pengeluaran kita.

Perbandingan stall dan buffet

Pesta pernikahan yang mengusung konsep prasmanan, maka diperlukan perhitungan buffet dan stall dengan tepat. Pada umumnya, tamu yang hadir tidak akan hanya mencicipi satu menu saja, melainkan bisa dua ataupun lebih. Tapi, pada umumnya, setiap tamu akan mencoba 3 menu catering yang tersedia.

Dalam perhitungan ini, disarankan untuk menyediakan catering dengan perbandingan buffet dan stall sebesar 60 : 40. Jadi, semisal total porsi catering yang hendak dipesan adalah 1000 porsi, maka 600 porsi untuk menu buffet dan 400 porsi untuk menu stall.Demikian cara menghitung budget catering untuk persiapan pernikahan agar berjalan lancar.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.