Cara Cepat Menabung Pernikahan dengan Investasi

Jenis Investasi yang Tepat untuk Menabung Biaya Pernikahan

Rasa cemas menjelang pernikahan sudah merupakan hal yang wajar terjadi. Apalagi jika dana yang terkumpul belum mencukupi untuk membayar semua biaya pernikahan tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus memiliki sumber dana untuk menabung biaya pernikahan selain tabungan pribadi yaitu investasi. 

Mulai dari prosesi akad nikah sampai dengan resepsi pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun dengan berinvestasi bisa membantu Anda mengatasi hal tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa jenis investasi yang bisa dimanfaatkan untuk biaya pernikahan Anda. 

Investasi Tabungan Bersama

Investasi sederhana yang paling umum dilakukan adalah dengan membuka rekening tabungan bersama pasangan. Dengan adanya rekening tersebut, baik Anda maupun pasangan setuju untuk menyisihkan sebagian gaji sebagai persiapan biaya pernikahan dalam satu rekening yang sama. 

Besarnya jumlah dana yang harus disisihkan tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak. Misalnya 15% sampai 30% dari total gaji disisihkan bersama pasangan dan dimasukkan ke rekening tersebut. Semakin banyak jumlah yang disetor semakin cepat impian pernikahan bisa terwujud. Dengan cara ini Anda dan pasangan bisa memiliki komitmen yang baik demi mencapai tujuan bersama menuju ke jenjang pernikahan. 

Investasi Logam Mulia

Jenis investasi yang kedua adalah investasi logam mulia seperti emas atau berlian. Selain sebagai investasi, emas juga berfungsi sebagai perias diri. Memiliki perhiasan emas bisa jadi jenis investasi yang aman bagi Anda, terutama ketika ada perubahan ekonomi yang menyebabkan kenaikan inflasi. 

Harga emas cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Seandainya turun, nominalnya juga tidak terlalu besar. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mulai berinvestasi emas mulai dari sekarang sebagai persiapan sebelum menikah. 

Investasi Deposito Berjangka

Satu lagi jenis investasi yang bisa dijadikan sumber dana tambahan untuk biaya pernikahan yaitu deposito berjangka. Bunga deposito yang Anda dapatkan nilainya lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Semakin lama jangka waktunya semakin besar nilai keuntungan yang Anda dapatkan. 

Buat Anda yang masih ragu dalam memilih jenis investasi, Dan bisa memilih jenis deposito yang satu ini. Karena deposito berjangka terbilang cukup aman dan memiliki risiko yang lumayan rendah. 

Investasi Obligasi

Salah satu jenis investasi yang bisa Anda pilih adalah obligasi, yaitu jasa meminjamkan uang Anda sebagai modal usaha tertentu. Dengan investasi obligasi ini Anda bisa memberikan modal pinjaman kepada perusahaan atau pebisnis yang membutuhkan. Jangka waktu pengembaliannya tergantung dari batas jatuh tempo yang sudah disepakati sebelumnya. 

Anda bisa meminta jatuh tempo dalam hitungan minggu, bulan atau tahun. Investasi yang satu ini merupakan cara cepat untuk mengumpulkan dana pernikahan karena bunganya yang tinggi. Yang harus diingat adalah risikonya yang cukup besar. Karena jika Anda salah memilih, bisa jadi si peminjam modal bangkrut dan tidak bisa mengembalikan pinjaman yang Anda berikan. 

Setiap investasi pasti memiliki risiko masing-masing. Usahakan jenis investasi yang Anda pilih merupakan investasi yang bisa bertahan lama dan memiliki risiko yang kecil. Karena semakin besar keuntungannya, bisa jadi semakin besar pula risiko yang harus Anda hadapi. 

Dalam merencanakan pernikahan, hal yang utama adalah menyiapkan dana untuk biaya menikah. Selain tabungan pribadi, Anda juga bisa menabung biaya pernikahan dengan cara berinvestasi. Pilih dengan bijak jenis investasi yang paling aman dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. 


Posted

in

by