Calon Pengantin Pria Wajib Baca: 5 Hal Penting

Ini Dia 5 Persiapan bagi Calon Pengantin Pria

Calon pengantin haruslah mempersiapkan diri dengan baik, terutama bagi seorang pria di mana ia akan memiliki tanggung jawab terhadap kehidupan istrinya nanti. Persiapan matang harus dilakukan agar acara pernikahan dapat berlangsung dengan lancar dan sesuai harapan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, bukan saja fisik ataupun finansial, tapi yang lebih utama adalah mental pengantin.

Berikut ini ada 5 hal penting yang harus dipersiapkan oleh mempelai pria sebelum pernikahan:

Memilih cincin pernikahan

Cincin ini sebenarnya sudah harus dipersiapkan ketika kamu hendak melamar pasangan. Pemilihan cincin haruslah dilakukan berdua karena mungkin impian dan keinginan pasangan berbeda dengan apa yang kamu inginkan. Perbedaan pendapat mungkin muncul ketika memilih desain cincin pernikahan.

Selain itu, ukuran cincin juga harus dipertimbangkan. Dengan mengajak pasangan dalam memilih cincin, maka ia bisa mencobanya secara langsung untuk mengetahui apakah cincin tersebut pas dengan jari tangannya. Meskipun cincin memiliki ukuran, tapi terkadang ukurannya berbeda antara satu toko dengan toko lainnya.

Menyiapkan seserahan pernikahan

Seserahan menjadi kewajiban bagi pengantin pria yang nantinya akan diberikan kepada pengantin wanita. Barang-barang yang menjadi seserahan biasanya merupakan barang yang dibutuhkan atau diinginkan oleh pasangan, seperti alat make up, handuk, baju tidur, mukena dan lain sebagainya.

Seserahan haruslah dibungkus sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang menarik. Meskipun hal ini bisa dilakukan oleh kerabat atau teman, tapi mempelai pria haruslah mengecek sendiri bagaimana seserahan tersebut, apakah sudah sesuai dengan apa yang diinginkan atau ada yang kurang.

Menghafal dan mempersiapkan diri untuk ijab qabul

Salah satu hal yang menjadi beban berat bagi mempelai pria adalah saat ijab qabul di mana Anda diminta untuk mengucapkan kalimat dalam satu nafas dan penuh keyakinan. Apabila terjadi masalah dalam ijab qabul, bisa jadi pernikahan tidak sah. Itulah mengapa mempelai pria harus mempersiapkan diri dan mental dengan baik agar lancar dalam ijab qabul ini.

Tak jarang dari mempelai pria yang terus menghafal kalimat ijab qabul agar mereka bisa mengucapkannya dengan lancar dan pernikahan menjadi sah. Oleh karena itu, persiapan mental harus dilakukan dengan baik agar mereka bisa melalui tekanan ini.

Mengatur jadwal pekerjaan

Acara pernikahan biasanya hanya menghabiskan satu hari saja, akan tetapi rangkaiannya yang membutuhkan banyak waktu, seperti honeymoon. Sebagai seorang pria yang memiliki pekerjaan, maka kamu harus mengatur ulang jadwal cuti atau libur. Sebisa mungkin, kamu harus memiliki waktu cuti selama minimal 3 hari. Lebih baik jika bisa satu Minggu maka kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Merencanakan bulan madu

Meskipun bulan madu merupakan keinginan dari kedua belah pihak, sudah seharusnya Anda memiliki pandangan atau rencana terlebih dahulu. Tapi, janganlah memaksakan kehendak karena tempat dan waktu honeymoon harus bisa dinikmati, baik oleh mempelai pria maupun mempelai wanita.

Carilah beberapa tempat yang menarik dan menyenangkan untuk dijadikan tempat honeymoon. Jika nanti pernikahan sudah selesai, sang istri tinggal memilih dari beberapa rencana yang telah kamu persiapkan. Kesalahan sering terjadi dalam acara pernikahan karena kurang matangnya persiapan. Apabila kamu tidak ingin mengalami masalah dalam acara pernikahan, maka kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebagai calon pengantin.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.