Berapa Minimal Budget Nikah Sederhana?

Wujudkan Pernikahan dengan Budget Nikah Sederhana

Budget nikah sederhana bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk menyelenggarakan sebuah acara pernikahan yang berkesan. Saat ini, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan pernikahan impian walaupun dengan biaya yang terbatas. Tak perlu pesimistis jika anda memiliki bugdet nikah yang minim karena kini semuanya bisa diwujudkan dengan mudah.

Biaya memang menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi ketika kita menikah. Memang benar kalau kita membutuhkan biaya untuk mewujudkan pernikahan impian kita. Namun biaya itu tidak harus selalu dalam jumlah yang besar. Pesta pernikahan bisa diatur sedemikian rupa agar bisa berjalan lancar dan berkesan namun tak menghabiskan banyak uang.

Sebenarnya dimana letak esensi pernikahan itu sendiri? Bukankah yang terpenting adalah prosesi pernikahan kedua mempelai? Pesta pernikahan tak wajib dilakukan dengan mewah. Pesta pernikahan bisa dilakukan dengan sederhana memanfaatkan dana yang ada. Jadi, tak perlu takut lagi untuk menikah hanya karena memikirkan masalah biaya.

Solusi Menikah dengan Biaya Ringan

Menikah adalah sebuah ibadah dan siapapun yang punya niat untuk menikah pasti akan dilancarkan jalannya. Jika anda memiliki anggaran yang minim untuk menyelenggarakan pernikahan maka tak perlu cemas. Pasti ada jalan untuk mewujudkan pernikahan impian dengan biaya minim tersebut.

Membatasi jumlah tamu undangan menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin menikah dengan budget nikah sederhana. Tak perlu mengundang ribuan tamu, cukup undang keluarga dan teman dekat saja. Justru dengan mengundang sedikit tamu, acara pernikahan anda menjadi jauh lebih khidmat dan intim.

Jika anda meminimalkan jumlah tamu maka anda bisa lebih hemat biaya. Biaya untuk akomodasi tamu seperti undangan dan jamuan makan bisa dipangkas dan bisa digunakan untuk keperluan lain. Anda bisa memaksimalkan dekorasi pelaminan dan catering karena anggaran anda sudah dipangkas. Bukankah lebih baik kualitas daripada kuantitas?

Selain memangkas jumlah tamu, anda bisa melakukan penghematan dana di berbagai aspek. Contohnya untuk undangan, coba buat desain undangan sendiri dan kalau memungkinkan cetak undangan sendiri. Untuk souvenir, pilih souvenir yang terjangkau asal berguna. Untuk lokasi, gunakan halaman rumah pribadi atau pilih saja gedung yang sederhana untuk memangkas biaya.

Berapa Budget Minimal untuk Menikah?

Sebenarnya tidak ada patokan khusus berapa budget minimal atau maksimal yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan. Semuanya tergantung pada calon pengantin yang akan menyelenggarakan pernikahan. Setiap orang bebas menentukan batasan minimal dan maksimal budget pernikahan.

Pernikahan merupakan sesuatu yang sebenarnya sangat fleksibel. Biaya berapapun besarnya mungkin bisa tidak cukup untuk mewujudkan sebuah acara pernikahan. Tapi sebaliknya, jika dipersiapkan sebaik mungkin justru biaya yang terbatas sekalipun bisa lebih dari cukup untuk menyelenggarakan pernikahan. Jadi sebenarnya tak ada teori biaya minimal ataupun maksimal.

Jadi kembali lagi kepada diri masing-masing. Pesta pernikahan seperti apa yang anda harapkan? Jika memang dana anda terbatas ya sudah, manfaatkan saja dana yang ada dengan semaksimal mungkin. Tak perlu minder atau pesimistis. Bahkan di luar sana ada pasangan yang menikah dengan menghabiskan biaya kurang dari Rp 30 juta sudah termasuk resepsi pernikahan sederhana.Semua bisa diwujudkan jika kita mau berusaha dengan maksimal. Salah satu cara jitu untuk mewujudkan pernikahan impian dengan dana yang minim adalah dengan mempersiapkan segalanya sendiri. Tak perlu memakai jasa wedding organizer. Pilih saja semuanya sendiri dan atur sendiri budget nikah sederhana yang anda miliki.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.