7 Penyebab Umum yang Sering Terjadi pada Pasangan Muda

Inilah 7 Penyebab yang Sering Terjadi pada Pasangan Muda

Sekarang ini, banyak pasangan muda yang sudah berniat untuk menikah dan menjalin hubungan suami istri. Dalam hal ini, ada kelompok yang pro dan ada kelompok yang kontra. Mereka yang pro tentu saja mendukung pasangan yang masih muda untuk segera menikah daripada nanti melakukan perbuatan yang tidak diharapkan. Berbeda dengan kelompok kontra yang menyayangkan fenomena pernikahan usia muda seperti ini.

Belum tahu bagaimana memikul tanggung jawab

Usia muda memang masih rentan dengan sifat egois yang dimilikinya. Perubahan peran dari seorang anak menjadi suami atau istri membuat mereka harus belajar tanggung jawab. Tidak mudah untuk melakukan tanggung jawab dalam pernikahan ini. Sering kali mereka tidak dapat melakukan tanggung jawabnya dengan baik, seperti tanggung jawab sebagai istri atau suami.

Tidak bisa merasakan kebebasan lagi

Jika Anda sudah memutuskan untuk menikah, maka Anda sudah memiliki ikatan baru sehingga kebebasan diri tidak sama lagi seperti sebelum menikah. Sebagai seorang istri, sudah seharusnya jika patuh terhadap suami. Begitu pula suami yang harus memikirkan dan selalu berusaha membahagiakan istri. Sayangnya, mereka yang masih muda memiliki tekad kebebasan yang masih kuat sehingga akan berdampak pada tanggung jawabnya yang tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Kehamilan terlalu awal yang memberikan tekanan

Kehamilan adalah berkah dalam pernikahan. Namun, bagi pernikahan pasangan yang masih muda, kehamilan justru dapat memberikan tekanan bagi mereka yang belum memiliki kesiapan secara mental dan finansial. Tekanan ini dapat menimbulkan stres yang bisa berdampak buruk pada kehamilan itu sendiri. Apabila terus terjadi, hubungan pernikahan pun bisa terpengaruh karena akan timbul berbagai masalah akibat tekanan tersebut.

Penyesuaian yang cenderung sulit

Perubahan terjadi bukan saja pada status, pernikahan juga memberikan tanggung jawab dan hubungan baru yang harus Anda jaga dengan baik. Terkadang, hal-hal asing yang belum pernah Anda jumpai, haruslah Anda lakukan dalam pernikahan ini. Pasangan yang masih muda sering kali mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri sehingga rasa terbuka dan percaya sulit untuk diberikan.

Kebutuhan individu tidak terpenuhi

Menikah memberikan ikatan baru dan tanggung jawab baru yang wajib Anda lakukan. Kebutuhan pribadi terkadang harus dikesampingkan untuk bisa mementingkan kebutuhan suami ataupun istri. Padahal, masa muda memiliki ambisi pribadi yang terkadang masih sangat kuat dan hal ini sering kali menyebabkan perbedaan pendapat atau masalah dalam pernikahan.

Keuangan yang belum stabil

Jarang pemuda yang sudah memiliki keuangan stabil ataupun mapan karena memang usia seperti ini masih mencari pekerjaan yang lebih mapan untuk bisa memenuhi kebutuhan pribadi. Masalah keuangan sering kali timbul dalam pernikahan pasangan yang masih muda. Saling menyalahkan menjadi hal yang sering terjadi saat masalah ini muncul.

Masalah komunikasi yang kurang efektif

Komunikasi menjadi bekal penting untuk mendapatkan pernikahan yang harmonis. Apabila komunikasi tidak berjalan lancar maka masalah pasti sering muncul di dalam pernikahan. Pasangan yang masih mudah terkadang memiliki kemampuan komunikasi yang kurang sehingga sering terjadi salah paham atau kurang terbuka yang bisa menyebabkan berbagai masalah dalam pernikahan.Setiap orang memang berhak menentukan keinginan pernikahannya, akan tetapi pasangan muda harus mengetahui konsekuensi dan solusi dari permasalahan yang sering terjadi.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.