5 Tips Mudah dan Hemat Mengurus Undangan Pernikahan

Bisakah Membuat Undangan Pernikahan dengan Budget Minim?

Memesan gedung, melakukan foto prewedding, merancang baju pernikahan hingga membeli souvenir, dan undangan merupakan persiapan pernikahan yang biasanya menjadi bahan diskusi calon pengantin. Biasanya, kartu undangan merupakan hal yang sering dikesampingkan. Padahal, kartu undangan pernikahan merupakan hal paling penting karena berisi informasi pernikahan calon pengantin.

Oleh sebab itu, kartu undangan memiliki peranan penting, dan kadang harus mengeluarkan budget lebih untuk membuat undangan dengan desain yang memikat. Lantas, bagaimana jika budget yang dipersiapkan minim? Dengan kemajuan zaman, kartu undangan menarik dengan budget terbatas bukan lagi menjadi hal yang tidak mungkin.

Tips Persiapan Pernikahan saat Merancang Undangan

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya undangan pernikahan, berikut beberapa diantaranya:

Cari Referensi

Sebelum Anda membuat desain undangan pernikahan, Anda bisa mencari referensi terlebih dahulu. Cari referensi sebanyak mungkin mulai dari tema, bahan yang dipergunakan hingga harga. Usahakan menyesuaikan tema undangan dengan tema pesta pernikahan. Bila tema sudah ditentukan, Anda pasti dapat dengan mudah mencari harga dari tiap percetakan. Untuk masalah bahan, sesuaikan bahan kertas dengan budget karena tebal dan besar kecilnya kertas berpengaruh besar pada harga.

Buat Desain yang Simple

Ada beberapa orang yang ingin undangan pernikahannya terlihat mewah sehingga dapat membuat tamu undangan penasaran. Mereka bahkan menggunakan kertas yang tebal dengan tambahan gliter. Namun, hal yang harus digaris bawahi adalah tidak semua desain kartu yang mewah dapat membuat tamu undangan terkesan. Lebih baik, buat kartu sesimpel mungkin, cari bahan yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Selain itu tambahkan foto dan ukiran cantik.

Undangan Pernikahan Elektronik

Undangan Pernikahan Elektronik atau E-Invitation juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi budget persiapan pernikahan. Hingga saat ini, undangan pernikahan elektronik masih mengundang pro kontra, karena banyak orang yang menganggap jika undangan ini terkesan tidak formal dan kurang sopan dibandingkan dengan undangan fisik.

Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa mengirimkan undangan elektronik pada teman-teman sekolah, kuliah dan teman-teman kantor. Anda bisa mengirimkan undangan tersebut melalui email, media sosial mereka, Whatsapp, Line, dan lain-lain. Sedangkan, bila Anda mengundang orang yang lebih tua, kerabat dekat atau teman-teman dari orang tua, Anda bisa menggunakan undangan fisik.

Buat Undangan Sendiri

Cara lain untuk menghemat budget undangan pernikahan adalah mendesain kartu undangan sendiri. Anda dapat mendesain kartu sesuai dengan teman, atau menggunakan bahan-bahan daur ulang sehingga pernikahan terlihat menarik dan unik. Selain menggunakan bahan-bahan daur ulang, Anda bisa menggunakan karton bekas dengan paduan renda yang cantik.

Gunakan Vendor

Jika tidak ingin repot merancang semuanya sendiri, Anda bisa menggunakan vendor mulai dari catering, gedung pernikahan hingga masalah undangan. Jika semuanya menggunakan jasa satu vendor, biasanya vendor akan memberi diskon khusus, sehingga Anda bisa memperoleh harga yang lebih murah. Cari referensi vendor melalui teman atau kerabat yang sudah menikah, agar Anda bisa melihat dengan baik performa vendor tersebut sebelum menggunakannya.
Jadi, siapa bilang tidak bisa melakukan persiapan pernikahan dengan budget yang hemat untuk masalah undangan. Semua bergantung dari keseriusan kita dan pasangan. Selain itu, rajin-rajinlah bertanya pada mereka yang sudah menggelar pesta pernikahan, agar Anda bisa belajar kelebihan dan kekurangan pesta pernikahan mereka.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.